Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa tentang Pluralisme Di Indonesia Menggunakan Media Pop-Up Book di Kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu

  • Nurbayani Nurbayani Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Iin Dwi Aristy Putri Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kemampuan Pemahaman; Pluralisme; Media Pop-Up Book.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman siswa setelah penggunaan media Pop-Up Book serta dapat dijadikan referensi dalam upaya meningkatkan kemampuam pemahaman siswa tentang pluralisme pada materi keragaman agama di Indonesia di Kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan hanya I siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 70% dari siswa mencapai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) ≥ 70. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum pemberian tindakan diperoleh nilai rata-rata siswa 31,6 dengan persentase ketuntasan 10,5%, setelah pemberian tindakan dengan menggunakan media Pop-Up Book pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,73 dengan persentase ketuntasan 78,9% masuk kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman siswa tentang pluralisme pada materi keragaman agama di Indonesia menggunakan media Pop-Up Book di kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, K, A. (2020). Pluralisme Nurcholis Madjid dan Relevansinya Terhadap Problem Dakwah Kontemporer. Jurnal Dakwah Risalah, 31 (1), 108.

Dewanti, H, dkk. (2018). Pengembangan Media Pop-up book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Universita Negeri Malang, 1(3), 223.

Dzakie, Fatonah. (2014). Pemahaman Pluralisme di Indonesia. 9(1).

Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?.Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http:// library.its.undergraduat

Hasim, M. (2015). Potensi Radikalisme Di Sekolah Studi Terhadap Buku Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Edukasi, 13(2), 294677.

Lestari, J. (2020). Pluralisme Agama di Indonesia Tantangan dan Peluang Bagi Keutuhan Bangsa.1(1).

Munjid, A. (2016). Signifikansi Studi dan Pengajaran Agama Model Inter-Religius dalam Memaknai Pluralisme. Studi Agama di Indonesia: Refleksi Pengalaman, 55.

Nurmalina, D. (2022). PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 59-68.

Octaliani, A. (2019). Perancangan Buku Pop Up Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Multikultural (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Oktaviarini, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Tema Lingkungan dan Alam Sekitar untuk Siswa Kelas IV SD di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 3(1).

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Saihu, M. (2019). Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama Di Jembrana-Bali). Deepublish.

Sugandi, I, A, dkk. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4 (1).

Widayati, Ani (2008). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. VI(1).

Published
2022-07-31