Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung

  • Desi Rahmatika Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Muriani Muriani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Merika Setiawati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
Keywords: Peran; Guru; Motivasi; Belajar.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran seorang guru dalam memberikan motivasi belajar bagi siswanya. etode yang digunakan adalah dengan metode wawancara dan observasi. Menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dalam artikel terdapat landasan teori yang dapat menjadi pedoman agar terfokus pada penelitian yang sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Penulis melaksanakan penelitian di SMPN 7 Kubung dengan menjadikan siswa/siswi kelas VIII dan beberapa guru menjadi subjek penelitian. Masalah yang ditemukan peneliti adalah bagaimana peran seorang guru dalam memberikan pembelajaran ips dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ips. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran seorang guru sebagai pemimpin kelas,pengajar dan pembimbing sudah terlaksana dengan baik dalam memberikan ilmu atau pengajaran dengan baik. Motivasi belajar seorang siswa dalam menghadapi tugas, menghadapi kesulitan dan belajar mandiri sudah terlaksana dengan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhini, Nisa Fitri. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhap Motivasi Belajar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2017): 1689–99.

Brophy, J. (2013). Memotivasi siswa untuk belajar. Routledge.

Eggen, Paul &Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran (edisi ke enam). Jakarta: Indeks

Han ES, goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee A. Teori Motivasi dan Pengukurannya. J Chem Inf Model. Published online 2019:14-34.

Huda, Muhalimul. 2012. Indikator Motivasi Belajar. (online) (https://www.banjirembun.com/2012/10/indikator-motivasibelajar.html diakses 2 Juli 2022)

Idzhar, Ahmad. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228.

Johnson D. The Role of Teachers in Motivating Students To Learn Davion Johnson. J Grad Stud Educ. 2017;9(1):46-49.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manizar, Elly. 2015. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar.” Tadrib 1 (2): 204–22.

Margareta, E. (2020). Peran Guru Sebagai Pembimbing Siswa Untuk Menstimulus Kemampuan Mengingat dalam Pembelajaran Daring. Skripsi, Universitas Pelita Harapan, Banten.

Moh. Suardi. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Solina w, Erlamsyah E, Syahriar S. Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Motiavasi Belajar Siswa Disekolah. Konselor. 2013;2(1):289-294. doi:10.24036/02013211247-0-00

Perdana. Motivasi Belajar. J Chem Inf Model. 2018;53(9):1689-1699.

Sumiati S. Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI J Pendidik Agama Islam. 2018;3(02):145-164. doi:10.26618/jtw.v3i02.1599

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hal. 187.

Wardani AD, Gunawan I, Kusumaningrum DE, et al. Student Learning Motivation: A Conceptual Paper. 2020;487(Ecpe):275-278. doi:10.2991/assehr.k.201112.049.

Published
2022-07-31