Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Media Gambar Berseri pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 331 Inpres Minanga Kabupaten Tana Toraja

  • Ratni Megaria Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fitriani Fitriani Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Motivasi Belajar; Media Gambar Berseri; Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 di kelas V b pada semester ganjil 2021/2022. Metode ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang-ulang dengan langkah-langkah yang sama. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitaif dan deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama II siklusĀ  maka dapat disimpulkan bahwa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I terdapat 11 siswa dengan persentase 52% yang telah mengalami peningkatan motivasi belajar dengan nilai rata-rata 68,52. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 11 siswa menjadi 19 siswa dengan persentase 90% yang mencapai ketuntasan motivasi belajar dengan nilai rata-rata 81,38. Dari hasil tersebut terdapat 90% siswa yang telah mencapai nilai ketuntasan motivasi belajarĀ  dengan menerapkan media gambar berseri. Berdasarkan hasil analisis peneliti maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persana (GP) Press Jakarta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Ade, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Aqib, Zaenal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S. A. (2010). Pengertian motivasi belajar. Bandung: Nusa Media.

Arsyad, A. Media Pembelajaran, (Jakarta:Rajawali Press, 2016), h.114

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran . Jakarta: PT Raja.

Anitah, S. dkk. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Inti Media.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Cahyani, I. Pembelajaran Bahasa Indonesia, (Jakarta: DEPAG RI, 2009).

Djamarah, B. S. 2008. Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad.2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya: Penerbit SIC.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Suryabrata, S.2010.Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudrajat, A. 2010. Media Pembelajaran Berbasis Komputer. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/ . Berbasis-komputer. Diakses 20 Oktober 2021.

Tarigan, H.G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarsih, Varia. (2009) Psikologi Pendidikan. Medan: Latansa Pers.

Yatim Riyanto, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya : Penerbit SIC

Published
2022-07-31