Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungdari 1 Kota Malang

  • Suciyati Suciyati Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Inanny Mukhlishina Prodi PGSD Univeristas Muhammadiyah Malang
Keywords: Model Pembelajaran; Paired Storytelling; Kemampuan Bercerita.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan siswa kelas IV SDN Landungsari 1, bagaimana hasil Belajar siswa kelas IV SDN Landungsari 1, dan bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Landungsari 1. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB SDN Landungsari 1 Kota Malang yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Sampling Jenuh. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap kedisiplinan siswa dalam kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Landungsari 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini sikap disiplin siswa akan diamati dari sebelum pembelajaran di mulai, ketika pembelajaran berlangsung, dan ketika pembelajaran berakhir. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kedisiplinan siswa kelas IV di SDN Landungsari 1 Kota Malang 100% sudah sangat bagus. tingkat hasil belajar siswa, diketahui bahwa pada kelas IV di SDN Landungsari 1 Kota Malang untuk 29 orang siswa mendapat skor akhir 78-91 (baik sekali) dengan presentase 92,5% dan untuk 3 orang siswa mendapat skor akhir 64-77 (baik) dengan presentasi 7,5% . dan untuk penerapan kedisiplinan untuk meningkatan hasil belajar siswa sudah diterapkan dalam pembelajaran Guru menggunakan metode, taktik, dan teknik tersendiri dalam menyampaikan nilai-nilai kedisiplinan pada materi pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah siswa memahami dan mempraktekkan kedisiplinan yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Sri Nur. 2015. Kedisiplinan siswa, motivasi belajar dan peningkatan prestasi belajar PPKn Siswa. JPPI. Vol 7 . No 10.

Amelia, Mita. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. Vol 5 . No 6.

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Desiyantina, Ira. 2015. Hubungan Antara Disiplin dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Pedogogi. Vol 3 . No 1.

Kuntoro, Addien. 2014. penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan Hasil belajar peserta didik di MTs Muhamadyah gandusari Trenggalek. Tulungagung : IAIN

Kurniawan, Wisnu Aditya. (2018). Budaya Tertib Siswa di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Sukabumi: CV Jejak.

Nugroho, Budi. 2015. Hubungan Antara Konsep Diri Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol 3 . No 1.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Setyaningrum, Istriana. 2011. Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Lokantara Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobri, Muhammad. 2014. Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial. Vol 1 . No 1.

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: AFLABETA.

Sugiyono. 2013a. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Umawarah. 2015. Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi. Vol 3 . No 1.

Published
2022-07-31