Pengaruh Metode Open Ended dan STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Prestasi Belajar

  • Alman Alman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Almuhaimin Sarnav Ituga Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
  • Ahmad Yulianto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Metode open ended, metode STAD, kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan  factorial design. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fakta-fakta akibat dari perbedaan pengaruh metode Open ended dengan metode STAD terhadap pemecahan masalah matematika peserta didik ditinjau dari prestasi belajar. Dimana prestasi belajar digolongkan menjadi dua tingkat yaitu prestasi tinggi dan rendah.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Serayu.Data di analisis dengan uji univariat ANAVA. Hasil penelitian adalah (1). Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajarkan dengan  metodeopen ended dan metode STAD. (2). Nilai-rata-rata posttest prestasi open ended tertinggi peserta didik adalah 95,71 dan nilai rata-rata rendah 63,92. Nilai rata-rata total prestasi open ended adalah 81,04. Sedangkan nilai rata-rata postest prestasi STAD tertinggi peserta didik adalah 95,50 dan nilai  rata-rata posttest prestasi STAD rendah 70,00. Nilai rata-rata total posttest prestasi peserta didik adalah 89,13. (3).  Tidak ada interaksi antara metode open ended dan metode STAD .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-14