Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Remu Kota Sorong
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah I Remu Sorong. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel ( variabel X kecerdasan emosional terhadap variabel Y kemampuan pemecahan masalah). Pupolasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah I Remu Sorong yang berjumlah 115 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes sebagai alat untuk mengumpulkan data.Untuk mengolah data menggunakan sistem komputerisasi SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah I Remu Sorong, yaitu sebesar 0,792 atau berkontribusi sebesar 79,20 %.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.