Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tumbuhan dengan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penilitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam menggunakan alat peraga tumbuhan dengan metode demonstrasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kauari Kota Sorong. Fokus pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kauari Kota Sorong dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 peserta didik yang berjumlah laki-laki 18 anak dan perempuan 17 anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penerapan metode demonstrasi Instrumen pengumpulan data yang digunakan penelitih adalah observasi pengumpulan hasil belajar di kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kasuari Kota Sorong. dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam menggunakan alat peraga tumbuhan dengan metode demonstrasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kauari Kota Sorong. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar pada peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kasuari Kota Sorong adalah 53,00 %, standar deviasinya yaitu 12,05%, median atau nilai tengah adalah 40,00%, variance 89,00%, minimum 20,00%, dan maksimum 72,00%, serta jumlah keseluruhan semuanya adalah 286,5%.