PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TUMBUHAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Juniati Heremba Prodi Pendidikan Guru sekolah Dasar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Alat peraga, Metode demonstrasi, Hasil belajar.

Abstract

Penilitian bertujuan untuk mengetahui  hasil  belajar peserta didik  dalam menggunakan alat  peraga  tumbuhan  dengan  metode  demonstrasi  pada  peserta  didik  kelas  IV  SD Negeri  4  Tanjung  Kauari  Kota  Sorong. Fokus pada penelitian ini adalah peserta didik  kelas IV  SD Negeri  4  Tanjung  Kauari  Kota  Sorong  dengan  jumlah peserta didik sebanyak 35 peserta didik yang berjumlah laki-laki 18 anak dan perempuan 17 anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan penerapan  metode demonstrasi  Instrumen  pengumpulan  data  yang  digunakan penelitih adalah  observasi  pengumpulan hasil belajar  di kelas  IV SD Negeri  4 Tanjung Kasuari  Kota Sorong. dan   untuk  mengetahui  faktor  pendukung  dan  faktor  penghambat  untuk  mengetahui  hasil  belajar peserta didik  dalam menggunakan alat  peraga  tumbuhan  dengan  metode  demonstrasi  pada  peserta  didik  kelas  IV  SD Negeri  4  Tanjung  Kauari  Kota  Sorong. Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa  hasil belajar pada  peserta  didik  kelas  IV  SD  Negeri  4  Tanjung  Kasuari  Kota  Sorong  adalah  53,00 %,  standar deviasinya yaitu 12,05%, median atau nilai tengah adalah 40,00%, variance 89,00%,  minimum 20,00%, dan maksimum 72,00%, serta  jumlah  keseluruhan semuanya  adalah  286,5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-14