Peningkatan Kemampuan Baca pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong melalui Media Kartu Huruf
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prosespembelajaran kemampuan membaca lancar pada siswa kelas 2Kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong Distrik Sorong Timur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini didesain dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus mencakup tahapan diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian seluruh siswa kelas 2 yakni 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebagai berikut: 1). Melalui penggunaaan media kartu huruf dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa yang dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada prosentase siswa yang tuntas yakni pratindakan sebesar 56% siklus pertama pertemuan 1 sebesar 70% naik pada siklus pertama pertemuan 2 sebesar 88%, siklus kedua pertemuan 1 sebesar 100% dan siklus ke dua pertemuan 2 sebesar 100%. 2). Melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keaktifan dan kekreatifan siswa pada scat pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam pembelajaran membaca.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.