Pembelajaran Daring dan Luring di SD Negeri Citembong 01 Terpencil di Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring dan luring yang diterapkan di SD Negeri Citembong 01 pada masa pandemi dan mengetahui solusi guru SD Negeri Citembong 01 dalam mengatasi hambatan saat menerapkan proses pembelajaran daring dan luring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus yang merupakan salah satu dari jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Citembong 01.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menempuh tiga langkah utama, yaitu reduksi data, display atau sajian data, dan verifikasi atau penyimpukan data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Citembong 01 selama pandemi menggunakan metode pembelajaran daring dan luring, guru menggunakan strategi pembelajaran menggunakan media aplikasi Whatsapp Group, YouTube dan beberapa kelas tinggi ada yang menggunakan Google Meet. Kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran daring hampir sama, yaitu cara menjelaskan kepada peserta didik dalam memahami pembelajaran. Untuk mengatasi kendala tersebut guru dapat menggunakan teknologi untuk melaksanakan proses pembelajaran yaitu menggunakan teknologi aplikasi Whatsapp Group dan YouTube. Peran Kepala Sekolah, Guru, dan Orang Tua Peserta Didik berpengaruh terhadap keberlangsungan pembelajaran baik itu daring maupun luring.
Downloads
References
Afandi, M., Chamalah, E., Puspita, O. W. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.
Ali, M dan Asrori. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ambarita, J., Jarwati., Kurnia, D. R. 2020. Pembelajaran Luring. Indramayu: Penerbit Adab.
Ayu, T. N., Petta, N. S., dan Nur, M. I. 2021. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. JURNAL PENDIDIKAN. Volume 30. Nomor 1. 2021. Halaman 1-12.
Efendi, A. P. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.
Eka, N. P., dan Nawawi. 2021. Analisis Pembelajaran STEM di Daerah Terluar Tertinggal Terdepan Indonesia Selama Masa Pandemi. Pancasakti Science Education Jurnal. Volume 6. Nomor 1. April 2021. Halaman 30-37.
Evandian, A. B., Nur, E. A., dan Maulana, E. P. 2021. Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis Whatsapp Di SD Yapita. Research And Tought Elementary School Of Islam Journal. Volume 2. Nomor 1. 2021. Halaman 13-23.
Fajar, S. S. 2018. REVIVAL Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Si Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Volume 2. Nomor 2. Juli – Desember 2018. E-ISSN: 2549-2101.
Fitrah, M., dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Gilang, R. K. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid- 19. Banyumas: Lutfi Gilang.
Jennah, R. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Antasari Press.
Lodo, M. 2021. Dampak Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Di SDK Naidewa Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan. Volume 1. Nomor 3. 2021. Halaman 422-430.
Malyana, A. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 2. Nomor 1. 2020. E-ISSN: 2715-6125.
Muri, A. Y. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Mutaqinah, R., dan Hidayatullah, T. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal PETIK. Volume 6. Nomor 2. September 2020. E-ISSN: 2614-6606.
Nisa, M., Riyandi, Z., dkk. 2021. Proses Pembelajaran Melalui Metode Luring Di SDN 02 Buatan 1 Pada Masa Pandemi Covid-19. Riau Education Journal. Volume 1. Nomor 2. Agustus 2021. E-ISSN: 2797-3875.
Pane, A., dan Darwis, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Volume 3. Nomor 2. Desember 2017. E-ISSN: 2460-2345.
Perdana, A. P., Setya, R. R., dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Melalui Daring dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 2. Nomor 1. April 2021. Halaman 1-8.
Puspita, D. E. P. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan. Volume 6. Nomor 1. Juli 2020. E-ISSN: 2614-0217.
Putria, H., Hamdani, L. M., & Azwar, D. U. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 4. Nomor 4. 2020. Halaman 861-872.
Rukajat, A. 2018. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teori dan Praktis. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Siyoto, S., dan Ali, M. S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publising.
Suardi, M. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.