Analisis Kesulitan Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi pada Siswa Kelas Rendah di SDN 1 Kebanggan Kecamatan Sumbang
Abstract
Pembelajaran online sulit dilakukan karena keterbatasan akses internet di bagi siswa di SDN 1 Kebanggan Kecamatan Sumbang. Pembelajaran online akibat pandemi covid-19 di SD Negeri 1 Kebanggan menjadi hal baru yang tidak seperti biasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesulitan pembelajaran pasca pandemi. Hasil penelitiannya adalah proses pembelajaran pasca pandemi di di SDN 1 Kebanggan dilakukan dengan cara tatap muka mematuhi prokes masih kombinasi tatap muka offline. Pembelajaran tatap muka dilaksanakan pada hari senin, sampai dengan Jumat selama 5 hari kerja, sedangkan pembelajaran offline dilaksanakan diluar tatap muka melalui whatsapp group, atau sms group. Selama pembelajaran baik tatap muka guru menggunakan perangkat teknolagi informasi milik pribadi seperti android, laptop atau pun LCD proyektor. Pada saat offline guru menggunakan Teknolgi informasi dengan fasilitas perangkat hp milik orang tua. Guru tetap menyusun dan mempersiapkan RPP dan materi pelajaran. Pada pembelajaran offline guru membimbing siswa melalui pendampingan orang tua menggunakan berbagai aplikasi penunjang seperti WhatsApp, dan youtube.
Downloads
References
Adi, Wijayanto dkk. (2020). Bunga Rampai Anak Bangsa: Intregitas Ilmu Keolahragaan dan Preventif Pandemi Covid 19. Akademia Pustaka: Tulungagung
Agung, I. (2021). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bentari Buana Murni
Budi, Azhari & Iwan Fajri. (2021). Distance Learning During The COVID-19 Pandemic: School Closure in Indonesia. International Journal Mathematical Education and Science Technology: Taylor and Francis
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, Aswan Zain. (2011). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri, (2011). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fatkhurrokhman, Muhammad. Suroso Mukti Leksono, Sulaeman Deni Ramdani, Ikman Nur Rahman. (2018) Learning Strategies Of Productive Lesson At Vocational High School In Serang City. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 8, No.2, June 2018 (163-172). Online: http://journal.uny. ac.id/index.php/jpv
Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hutami & Nugraheni. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. PAUDIA : ISSN : 2089-1431
Kim, Y., Wang, Y., & Oh, J. (2016). Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students. Cyberpsychology, Behavior and Social Networking.
Levitskaya, A., & Seliverstova, L. (2020). Media Education Trends In Georgia. International Journal of Media and Information Literacy, 5 (1), 79–89. https://doi.org/10.13187/IJMIL.2020.1.79
Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., Triwidayati, K. R., Utami, T. S. D., & Jemadi, F. (2020). Secondary School Language Teacher’s Online Learning Engagement During The Covid-19 Pandemic in Indonesia. Journal of Information Technology Education: Research, 19, 803–832. https://doi.org/10.28945/4626
Liliek, Widodo. (2020). Mengantisipasi Kebiasan Baru Pasca Pandemi. Solusi: Kemenperin
M. Imam, Farisi. (2012). Struktur Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar dan Pengorganisasian Pengalaman Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Interaksi: Universitas Madura
Mahadiansar, M., & Aspariyana, A. (2020). PEST Analysis Model dalam Pengembangan Potensi Wisata Pulau Benan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 1(1), 14–25.
Mursilah, E., & Mujiono. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu : Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, pedagogical, content knowledge (TPACK): A discursions in learning innovation on social studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.
Sugiharsono, S., Lestari, B., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi Pendidikan Kewirausahan Di SMA Dan Smk Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(1).
Sui An Lie. (2020). Practical Considerations For Performing Regional Anesthesia: Lessons Learned From The COVID-19 Pandemic. Canadian : Anesthesiologists Society
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi, (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Turkle, Sherry. (2011). Alone Together: Why Expect More From Technology andLess From Each Other. New York: Basic Books
Sholeha, U. U., Hartati, H., & Aryanti, S. (2021). Analisis pembelajaran daring pada mata kuliah media dan teknologi pembelajaran penjaskes mahasiswa fkip universitas sriwijaya. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 9-17.
Uno B. Hamzah, (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wina, Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana
Yuliantoro, H. R., & Arifin, Z. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Komputerisasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 13(2), 21-29.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.