Implementasi Program Adiwiyata Ramah Lingkungan di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa

  • M. Agus Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ashar Ashar Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Hikmah AR Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Implementasi; Program Adiwiyata; Ramah Lingkungan.

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi program adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa data kualitatif. Prosedur penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program adiwiyata sudah diimplementasikan dengan baik di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Hal ini dibuktikan oleh kondisi sekolah yang tercipta dalam keadaan aman, tentram, dan kondusif,  serta perilaku guru dan siswa yang ramah lingkungan Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terwujudnya implementasi program adiwiyata  terhadap  ramah lingkungan di SD Inpres Sengka, dipengaruhi oleh peran guru dan siswa serta kerjasama seluruh  stakeholder dalam lingkungan sekolah untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. F. B. (2014). Analisis implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program adiwiyata mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan pengembangan pendidikan, 2(2).

Syukri Hamzah. (2013). Pendidikan Lingkungan Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: PT Rafika Aditama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan : Teori dan Aplikasisnya. Malang : Media Nusa Creative.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). “Panduan Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan”. Jawa Tengah: Badan Lingkungan Hidup.

Landriany, Ellen. (2014). “Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang”. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (Volume 20)

Uyun, Saeful, Dkk. (2020). Manajemen Sekolah/Madrasah Adiwiyata. Yogyakarta : Grub Penerbit Cv Budi Utama.

Setyowati, O. (2014). Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata dan Tingkat Partisipasi Siswa di SMKN 2 Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang: Fakultas Ilmu Sosial.

Yusnidar, T., Liesnoor, D., & Banowati, E. (2015). Peran serta warga sekolah dalam mewujudkan program Adiwiyata di SMP wilayah Semarang Barat. JESS (Journal of Educational Social Studies), 4(1).

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Syukri Hamzah. (2013). “Pendidikan Lingkungan Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: PT Rafika Aditama.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2013).

Published
2023-07-17