Efektivitas Penggunaan Media Torso terhadap Kemampuan Metakognitif IPA Peserta Didik Kelas V MI Attanmiyatul Ilmiah Makassar

  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Rosdiana Rosdiana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Susi Asnita Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Keywords: Media torso; kemampuan metakognitif; IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan metakognitif IPA peserta didik sebelum menggunakan media torso, 2) mengetahui kemampuan metakognitif IPA peserta didik setelah menggunakan media torso, 3) menganalisis efektivitas penggunaan media torso terhadap kemampuan metakognitif IPA peserta didik kelas V MI Attanmiytul Ilmiah Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh sehingga diperoleh jumlah sampel yaitu 14 peserta didik.  Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media torso efektif terhadap kemampuan metakognitif IPA peserta didik kelas V MI Attanmiyatul Ilmiah Makassar, dikatakan efektif karena ketiga indikator efektivitas yang dimaksud dalam penelitian ini memenuhi kriteria keberhasilan. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan kemampuan metakognitif IPA peserta didik melalui perhitungan n-gain berada pada kategorisasi sedang yaitu sebesar 0,48, kemudian peserta didik yang terlibat aktif dalam pembelajaran sebesar 84% dan peserta didik yang memberikan respons positif terkait penggunaan media torso sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, A. & Basam, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Riset Pendidikan Dasar. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2018). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro).Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Astuti, R.F. (2017) Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasab Sistem Respirasi Manusia Pada Peserta Didik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah Putri No.1 Belawa Kab.Wajo,” skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Budiati, W.D.K. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Metakognitif Menggunakan Problem Based Learning pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA 4 SMAN 3 Salatiga. Skripsi. Salatiga: Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana.

Danardono, A. (2019). Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia: https://jurnal.fkip.unila.ac.id//

Djamarah, S.B & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendi, A. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan. J-cup.org.

Indriani. (2018). “Penerapan Media Torso Struktur Organ Tubuh Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri No.63 Allu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto,” Skripsi (Makassar: Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, dkk., “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pada Pembelajaran PAI,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi.

Nuryani, R. (2012). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pratiwi, K.D. dkk (2013). Pemanfaatann Media Torso Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 2 Paket Agung Singaraja. Jurnal. http://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1463.

Riyanto, A. (2019). Statistik Deskriptif Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rosalina, I. (2012). “Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir di Desa Mantren Kec. Karangrejo Kabupaten Madetaan”. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat.

Rosdiana & Muzakkir. (2019). Fitrah Perspektif Hadis dan Implikasinya terhadap Konsep Pendidikan Islam Mengenai Perkembangan Manusia,” Al Musannif: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan. https://jurnal.mtsddicilellang.sch.id/index.php/al-musannif.

Siregar, E. & Nara, H. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeth.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabetah.

Sugono, D. dkk. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2023-07-26