Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas IV DI SD INPRES 102 MALANU Kota Sorong
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua 2). untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa 3). untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam bersosialisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian terdiri dari 1 orang guru kelas IV, 1 orang kepala sekolah, 2 orang siswa kelas IV, dan 2 orang tua di SD Inpres 102 Malanu Kota Sorong. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). bentuk pola asuh yang diberikan oleh orang tua cenderung menggunakan pola asuh permisif. 2). pola asuh orang tua berdampak terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa. 3). guru sudah berupaya dengan baik dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.