Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas IV DI SD INPRES 102 MALANU Kota Sorong

  • Mursalim Mursalim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jusmin Jusmin Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Wulandari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pola Asuh, Kemampuan Bersosialisasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua 2). untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa 3). untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam bersosialisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian terdiri dari 1 orang guru kelas IV, 1 orang kepala sekolah,  2 orang siswa kelas IV, dan 2 orang tua di SD Inpres 102 Malanu Kota Sorong. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). bentuk  pola asuh yang diberikan oleh orang tua cenderung menggunakan pola asuh permisif. 2). pola asuh orang tua berdampak terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa. 3). guru sudah berupaya dengan baik dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-22