Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan implementasi kemampuan berpikir kritis terhadap pengembangan diri mahasiswa semester IV PGSD Universitas Esa Unggul pada mata kuliah Pembelajaran Matematika SD. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester IV PGSD Universitas Esa Unggul. Penelitiian ini merupkan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: a) Metode observasi lapangan b) Metode wawancara: untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan peneliti, dilakukan wawancara dengan bertanya kepada beberapa mahasiswa. c) Metode dokumenter. Metode ini memberikan informasi tentang perangkat pembelajaran pelatih berupa RPP dan tahapan kegiatan kemampuan berpikir kritis yang dilakukan mahasiswa dalam bentuk foto. Salah satu keunggulan kemampuan berpikir kritis adalah mampu memandang suatu hal dari berbagai sisi sehingga tidak terkesan menghakimi. Metode ini menuntut kemampuan mahasiswa untuk meneliti, mengevaluasi, menafsirkan, mensintesis, dan menghasilkan informasi untuk mencapai hasil belajar yang berbeda. Keterampilan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui implementasi kemampuan berpikir kritis. Setiap individu harus mengembangkan dan melatih kemampuan berpikir dengan inovasi. Jenis inovasi yang melekat pada siswa sampai mereka memasuki dunia kerja. Ini membedakan mereka yang memiliki gelar sarjana dari mereka yang tidak kuliah. Kemampuan berpikir kritis membantu mahasiswa untuk memecahkan berbagai masalah yang mereka hadapi saat ini dan di masa yang akan datang.
Downloads
References
Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.11
Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). THE EFFECTIVENESS OF USING PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) IN MATHEMATICS PROBLEM SOLVING ABILITY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. 2, 3402–3406.
Amalia, N. F., Aini, L. N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemamampuan Matematika. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 97. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.587
Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Azhari, F. A., & Ming, L. C. (2015). Review of e-learning Practice at the Tertiary Education level in Malaysia. 49(4). https://doi.org/10.5530/ijper.49.4.2
Bintang, P., Ristiani, L., Lestari, H., & Walid, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal HOTS (Analisis Kuantitatif) Students’ Critical Thinking Ability in Solving Hots Questions (Quantitative Analysis). COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(09), 1916–1923.
Chinsya, R. N. D. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.
Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066–1073. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.511
Duvivier, R., Bate, E., Hommes, J., Duvivier, R., Taylor, D. C. M., Bate, E., Hommes, J., Duvivier, R., & Taylor, D. C. M. (2016). Problem based learning PBL Getting the most out of your students Their roles and responsibilities AMEE Guide No ... responsibilities : AMEE Guide No . 84.
Efendi, D. (2019). Pemanfaatan English Club Pada Fakultas Bahasa Universitas Muara Bungo Sebagai Upaya Penguatan Hard Skill Dan Soft Skill Mahasiswa. Krinok: Jurnal Linguistik Budaya, 4(1). https://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/Krinok/article/view/256%0Ahttps://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/Krinok/article/download/256/283
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417
Han, S. Y., Capraro, R. M., & Capraro, M. M. (2014). HOW SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING , AND MATHEMATICS ( STEM ) PROJECT-BASED LEARNING ( PBL ) AFFECTS HIGH , MIDDLE , AND LOW ACHIEVERS DIFFERENTLY : THE IMPACT OF STUDENT FACTORS ON ACHI ... DIFFERENTLY : THE IMPACT OF STUDENT FACTORS. March. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9526-0
Hartati, I. N. dan S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Lutfiah (ed.)).
Hartini, A. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASARSekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=Pengembangan+Perangkat+Pembelajaran+Model+Project+Based+Learning+Untuk+Meningkatkan+Kemampuan+Berpikir+Kritis+Siswa+Sekolah+Dasar&btnG=
Hendracipta, N., Nulhakim, L., & Agustini, S. M. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 215. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2141
Laforce, M., & Noble, E. (2017). education sciences Problem-Based Learning ( PBL ) and Student Interest in STEM Careers : The Roles of Motivation and Ability Beliefs. https://doi.org/10.3390/educsci7040092
M. Ariyanto, F. Kristin, I. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106–115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10392/9331
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907
Nurull Hayati Latif, Mazlina Jamaludin, Mohd Amin Zakaria, Ishanuddin Hussin, & Latif Anwar. (2020). Teori perkembangan moral kognitif dalam membuat keputusan pertimbangan moral, kecekapan moral dan keputusan moral. Jurnal Kejuruteraan, Teknologi Dan Sains Sosial, 3(1), 0–17.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sari, F. K. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1), 20–24. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.706
Situmeang, I. R. V. O. (2021). Hakikat Filsafat Ilmu dan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 76–92.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.
Sulaiman, N. A. (2022). PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. F O N D A T I A: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(September 2022), 649–660.
Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937
Wolcott, S. K., & Sargent, M. J. (2021). Critical thinking in accounting education: Status and call to action. Journal of Accounting Education, 56, 100731. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2021.100731
Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.