Keefektifan Model Interaksi Sosial Role Playing berbantuan Media Dussmart terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SD
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model interaksi sosial Role playing berbantuan dussmart terhadap sikap sosial siswa. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonquivalent Control Group. Lokasi Penelitian adalah di SD Negeri Ungaran 01. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh kelas III SDN Ungaran 02. Dan sampel untuk kelas III A sebagai kelas kontrol dan III B sebagai kelas Eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-Test, Regresi Linier Sederhana, dan Uji Paired Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan sikap sosial siswa dengan penggunaan model interaksi sosial Role playing berbantuan dussmart yang dibuktikan dari Uji Independent Sample T-Test dengan melihat signifikansi 0,006 < 0,05, (2) Terdapat pengaruh penggunaan model interaksi sosial Role playing berbantuan dussmart yang dibuktikan dari Uji Regresi Linier Sederhana dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan (3) Terdapat peningkatan sikap sosial siswa yang dibuktikan dari Uji Paired Sample T-Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model interaksi sosial Role playing berbantuan dussmart efektif dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas III Sekolah Dasar.
Downloads
References
Agus. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Mepanga Melalui Model Pembelajaran Role playing Pada Mata Pelajaran PKN. Jurnal Edu Civic, 1 (1), 1-14.
Andriati, Novi. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 125-132.
Anindita, R.D., Wardana, M.Y.S., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Penanaman Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Negeri Winong 01 Kabupaten Pati. Pena Edukasia, 1 (2), 104-110.
Markatin, K.A. & Handini, O. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Role playing Terhadap Sikap Peduli Sosial Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Pada Peserta Didik Kelas VB SD Negeri Nusukan Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal On Education. 5 (3), 11123-11127.
Miftahusya’ian, Mohammad., Fitriana, Wiwin. Nuris., dkk. (2020). Pembentukan Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS di SMP Brawijaya Smart School Malang. JPIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 7 (1), 54-69.
Minsyar, Marfany., Yusup, S. N. (2018) Penerapan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Rasa Kepedulian Antar Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1 (2), 64-73
Kurniawan, M.I. (2015). Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4 (1), 41-49.
Orhan., Aminah, Siti. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menerapkan Model Role playing Berbantuan Media Papan Flanel pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN 1 Sabaru Palangkaraya Tahun 2016/2017. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (1), 1-6.
Purwanti, Kartika Yuni,. Putra, Lisa Virdinarti., dkk. (2022). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Kolital untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 1-8.
Septiyaningsih, Ni Komang. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Role playing Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Lisan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1 (1), 1-10.
Suarsana, I. B. P., Lasmawan, W., & Mahaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berbantuan Assesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar SDN Gugus II Laksamana Jembrana. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (1).
Supriatna., Dadang. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Interaksi Sosial Bagi Peningkatan Apresiasi dan Ekspresi Seni Pentas di SMA Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4 (1), 95-111.
Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.
Wijanarti, W., Degeng, I. N. S., & Untari, S. (2019). Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 4 (3), 393-398
Zainal, Aqib. (2011). Pendidikan Karakter: Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.