Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital
Abstract
Supervisi pendidikan di sekolah dasar berupa suatu kegiatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Dalam era digital saat ini, supervisi pendidikan juga harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Untuk implementasinya supervisi dilakukan melalui berbagai proses dalam aspek pemecahan masalah yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi guru. Selain itu juga berfungsi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia yang sampai saat ini belum memenuhi standart bahkan jauh dari yang di harapkan. Peran supervisi disini bertanggung jawab dalam peningkatan pembelajaran guru dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan penggunaan teknik supervisi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Supervisi Pendidikan memiliki peran terhadap kualitas pengajaran. Dalam artikel ini menggunakan metode studi literatur. Artikel ini akan membahas peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai definisi supervisi pendidikan, peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, tantangan dalam melaksanakan supervisi pendidikan di era digital, dan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut.
Downloads
References
Chollisni, A., Syahrani, S., Dewi, S., Utama, A. S., & Anas, M. (2022). concept of creative economy development-strengthening post COVID-19 pandemic in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 6, 413–426. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns1.2065
Fatimah, H., & Syahrani. (2022). Leadership Strategies In Overcoming Educational Problems. Indonesian Journal of Education (INJOE, 2(3), 282–290.
Fitri, A., & Syahrani. (2021). Kajian Delapan Standar Nasional Penelitian Yang Harus Dicapai Perguruan Tinggi. Adiba: Journal Of Education, 1(1), 88–96. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/45
Fitria, E., & Yudhawati, D. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Berbasis Token Economyuntuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Tunarungu. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi, 77–87.
Halimatu, S., & Syahrani. (2022). Pengembangan Standar Isi Dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632.
Helda, & Syahrani. (2022). National Standards of Education in Contents Standards and Education Process Standards in Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 257–269. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.3
Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35
Ma’ayis, S., & Syahidul Haq, M. (2022). Implementasi model supervisi akademik berbasis digital. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 142–155.
Mahlopi. (2022). Supervisi Pendidikan Era Teknologi 5.0. Adiba: Journal of Education, 2(1), 133–141. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/79
Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., Nisa, K., Azzahrah, N., & Nurdahyanti. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5 . 0. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2).
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. In CV Jejak (Vol. 5, Issue 1).
Rofiki, M. (2019). Urgensi Supervisi Akademik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Industri 4.0. Indonesian Journal Pf Basic Education, 2(3), 502–514.
Saleh, K. (2020). Penerapan Teknik Pengawasan Akademik Di Sekolah Dasar Menghadapi Era Digital. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 18–21.
Satria, R., & Mustiningsih. (2019). Supervisor in Era Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 382(Icet), 596–601. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.147
Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3848
Syahrani, Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Pendidikan Nilai-Nilai Keikhlasan Bagi Santri Al-Madaniyah Jaro dan Santri Anwaha Marindi Kabupaten Tabalong. Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer, 3(June), 19–26.
Yanti, H., & Syahrani. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.