Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong

  • Wiyani Windrawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Harun Gafur Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Penghambat Belajar, Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil kesulitan membaca permulaan dan faktor yang menghambat pembaca permulaan pada siswa kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas I/A yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Instrumennya lembar observasi siswa, pedoman wawancara guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan tes membaca permulaan pada siswa kelas I dari 29 siswa 11 anak yang mengalami kesulitan membaca permulaan dan 18 anak memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup baik. Faktor yang menghambat pembaca permulaan siswa di kelas I yaitu faktor anak yang belum mengenal huruf (daya ingat yang lemah) dan kurangnya bimbingan orang tua di rumah. Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu, guru kelas lebih memprioritaskan, memberikan pelatihan khusus anak-anak yang mengalami kesulitan, hubungan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua siswa selalu memantau anak dalam belajar membaca, minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amitya Kumara, A. Jayanti Wulansari & L. Gayatri Yosef. Perkembangan Kemampuan Membaca (hlm. 1-26), dalam Amitya Kumara, dkk. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius, 2014.

Lucky Ade Sessiani dan Amitya Kumara. 2014. Menangani Anak yang Mengalami Kesulitan dalam Mengenali dan Menyembunyikan Bunyi Huruf (hlm. 27-50), dalam Amitya Kumara, dkk. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius.

Mutingah, Siti. “Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan dengan Metode Kata Lembaga dikelas II SD N Nayu Banjarsari Surakarta”, Skripsi Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2009.

Sabarti Akhadiah. Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud, 1993, dalam Aqila Darmata Synta, “Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media big book pada siswa kelas I sd negeri delegan 2 prambanan sleman”. Yogyakarta, 2015.

Sri Utami Soraya Dewi, “Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar”, Vol. III, No. 1, Maret 2015.

Zubaidah, E. “Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa Dan Cara Mengatasinya”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Adelin Agustin Triyani Maay, dkk. “Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong”. 03 September 2019.

Agresivitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Insan Harapan, Kecamatan Pandak, KabupatenBantul.” https://lib.unnes.ac.id/22612/1/16

Published
2020-01-22