Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Meyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender di SD IT Mutiara Insan Sorong
Abstract
Miskonsepsi terjadi ketika seseorang meyakini benar konsep yang salah. Miskonsepsi dalam kata lain merupakan perbedaan konsepsi seseorang tentang suatu materi yang berbeda dengan konsepsi para ahli di bidangnya. Struktur kognitif yang ada pada diri siswa tidak sesuai dengan konsepsi yang dikemukakan para ahli di bidangnya juga dapat dikategorikan sebagai miskonsepsi, sehingga antara miskonsepsi dengan gaya kognitif siswa saling berkaitan. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda termasuk gender. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menggambarkan miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan permasalahan bangun ruang berdasarkan gender serta faktor penyebab miskonsepsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kulitatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V SD IT Mutiara Insan Sorong tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 6 orang. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang dipilih berdasarkan tes diagnostik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik dan wawancara untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki tidak teridentifikasi miskonsepsi, sedangkan siswa perempuan teridentifikasi sebanyak 3 orang. Siswa mengalami miskonsepsi bukan pada materi bangun ruang, akan tetapi pada proses perhitungan perkalian dan pembagian. Penyebab miskonsepsi yang dialami oleh siswa adalah prakonsepsi, pemikiran asosiatif siswa sendiri, pengalaman belajar, dan kurangnya penekanan pada materi yang dibutuhkan siswa.
Downloads
References
Cahyani, F. N. I. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Bangun Datar Segiempat dibedakan dari Gaya Kognitif Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Cetin-Dindar, A., & Geban, O. (2011). Development of a three-tier test to assess high school students’ understanding of acids and bases. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 600–604. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.147
Enggar saraswati. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-Laki dan Perempuan dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas III Semester 2 Materi Sudut dan Pecahan di SD Negeri Se-Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Farida, A. (2016). Analisis miskonsepsi siswa pada persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan menggunakan three tier test, (Knpmp I), 286–295.
Fibrianto, A. S. (2016). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Organisasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1), 10–27.
Hamka, D., Sobri, M., & Rizal, S. (2013). Aplikasi Kamus Inggris – Indonesia Indonesia – Inggris Pada Platform Android. Universitas Bina Darma.
Hidayat, F. A. (2014). analisis miskonsepsi siswa kelas XA pada materi struktur atom di SMA muhammadiyah kota jayapura tahun ajaran 2013/2014. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Pesman, H., & Eryilmaz, A. (2010). Development of a three-tier test to assess misconceptions about simple electric circuits. Journal of Educational Research, 103(3), 208–222. https://doi.org/10.1080/00220670903383002
Purba, J. P. & Depari, G. (2008). Konsep Dalam Rangkaian Listrik Menggunakan Certainty of Response Index Dan Interview. Artikel.
Rosmalia, L. P. (2016). Miskonsepsi Pembelajaran Matematika Kelas IV Semester II di Sekolah Dasar. Skripsi Tidak Dipublikasikan, 2016.
Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2012). Identifikasi Kesalahan Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Geometri. Pendidikan MIPA, 14(1), 33–38.
Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal UPI, 24(3), 4–9. https://doi.org/10.1093/pasj/65.2.47
Utami dkk., D. R. (2017). Analisis Pengaruh Gender Terhadap Miskonsepsi Siswam SMAN di Kota Depok dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 93–102.
Yuniarti, D. Y. (2014). Pengaruh Sikap dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa SMP Negeri Kelas VII di Kecamatan Sleman Yogyakarta 2013/2014. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/20691/1/Rohmah Dwi Yuniarti 09201244082.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.