Potret Implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Islami di Sekolah Penggerak

  • Muhammad Muzakki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Budi Santoso Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong
  • Hijrah Nur Alim Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong
Keywords: Implementasi; Kurikulum Merdeka; Berbasis Islam; Sekolah Penggerak.

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan model pembelajaran intrakurikuler yang beragam, serta kontennya lebih optimal.  SDTQ Cahaya Islam Papua sebagai lembaga pendidikan Islam yang diamanahi oleh pemerintah menjadi Sekolah Penggerak, akan tetapi ada keunikan di lembaga ini yang mengintegrasikan antara Kurikulum Merdeka dengan kurikulum Berbasis Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh gambaran pelaksanaan kurikulum Merdeka di lingkungan SDTQ Cahaya Islam Papua beserta kendalanya yang mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dengan pendidikan Islam dalam satu sistem kurikulum tersendiri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru dan siswa SDTQ Cahaya Islam Papua. Metode pengambilan data menggunakan tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil  atau kesimpulan dari penelitian ini, bahwa  bentuk implementasi kurikulum Merdeka di SDTQ Cahaya Islam Papua meliputi penyiapan guru dengan mengikuti berbagai pelatihan, mendesain pembelajaran yang berdiferensiasi, dan digitalisasi pembelajaran, mengintegrasikan antara pendekatan dan model pembelajaran ciri khas kurikulum Merdeka dengan kurikulum berbasis Islam, sedangkan hambatannya terletak pada kesiapan guru dan sarana prasarananya.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, N. A. & N. (2017). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Berbasis Islam Terpadu di Kelas V SDIT Alam Nuris. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(6), 1151–1160.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. In Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 37–46.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (1st ed.). Literasi Nusantara Abadi.

Muzakki, M., & Santoso, B. (2023). Implementasi Nilai Toleransi Bagi Mahasiswa Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. PAIDA, 2(1), 183–191. https://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/16/08/01/

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. In Direktorat Sekolah Dasar.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (Ed.); 1st ed.).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Restu. Jurnal BASICEDU, 6(4), 6313–6319.

Rahmadayanti, D., & Agung Hartoyo. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 1774–7187.

Saputra, M., Nazaruddin, Na’im, Z., Syahidin, Nugroho, P., Maula, I., Hadiningrum, L. P., Budianingsih, Y., Ahyar, D. B., Khaidir, Makmur, & Dahniar. (2021). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In Rusnawati (Ed.), Jurnal Pendidikan Islam (1st ed., Vol. 7, Issue 1). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i1.93

Sri Yustikia, N. W. (2017). Pentingnya Sarana Pendidikan Dalam Menunjang Kualitas Pendidikan Di Sekolah. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 1. https://doi.org/10.25078/gw.v4i2.1053

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (VIII). Alfabeta.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hardiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

undang-undang sisdiknas. (2003). http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt

Published
2023-07-26