Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong

  • Asrul Asrul Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Abdul Rachman Tiro Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Heryani Risakotta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Panca Indra.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong, Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah  metode  pra eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pretest Postes. Sampel  yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV  yang berjumlah 29  siswa yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah Pretest dan Postes, Dokumentasi serta lembar tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda.. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata-rata pretes 47,6 posttest 75,5 hasil uji reliabilitas diperoleh Kuder dan Richardson (K-R 20) untuk instrument  test sebesar 0,723 yang berarti memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Uji normalitas hasil belajar Pretest siswa memiliki taraf signifikansi 0,119 > 0,050, posttest siswa memiliki taraf signifikansi  067 > 0,05. Uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 4.008 dengan dk = n – 1 (29-1=28) diperoleh t tabel  sebesar 1.701. Berdasarkan hasil analisi data nilai yaitu  t hitung > t tabel (4.008 > 1.701), dengan besarnya taraf signifikansi 0,05, yakni (0,000 < 0,05) maka Hipotesis diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Positif Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-24