Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh

  • Rifa Pramasanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dhi Bramasta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Subuh Anggoro Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Karakter tanggung jawab; kerja sama; pembelajaran tematik.

Abstract

Pendidikan tidak hanya mengajarkan pengetahuan saja tetapi juga memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter bangsa. Pembentukan karakter pada peserta didik dapat dilakukan sejak dini kepada anak. Karakter yang terdapat di dalammnya adalah karakter tanggung jawab dan kerja sama, di SD Negeri 2  Berkoh karakter tanggung jawab dan  kerja sama diimplementasikan dalam kurikulum 2013 melalui beberapa kegiatan seperti kegiatan pembelajaran, spontan, keteladanan, pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik untuk membentuk  tanggung  jawab  dan  kerja  sama  di  dalam  pembelajaran  tematik seperti mengerjakan tugas dan membuat kelompok. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif  deskriptif  untuk  mengetahui  bagaimana  implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan kerja sama di dalam pembelaran dan faktor yang mempengaruhinya, supaya guru dapat membimbing peserta didik supaya peserta didik dapat melakukan kegiatan diskusi, praktikum dan lainnya sebagai bentuk tanggung jawab dan kerja sama di dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agbola, A dan Tsai, K.C. (2012). Bring Character Education.
European Jurnal Of Educational Research. Vol 1. No 2. Hal 163-170.

Azzet, Ahmad Muhaimin. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ekowati, Dyah Wiroswati, Wahyu, Rina S. Huzamah. (2012). Model Pembelajaran Tematik Di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Junal Pendidikan. Vol 8. Hal: 117-127.

Hidayati A., M.Zaim., & Kasman R., Darmansyah (2014) The Development Of Character Education Curriculum For Elementary Student In West Sumatra. Internasional Journal of Education and Research. Vol 2. No 6. Hal 189-197.





Indra,Kurniawan Mafhul. (2015).Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana
Pendidikan Karakter Anak Sekolah. Jurnal Pendagogia. Vol 4. Hal 10-
13. ISSN 2089.

Kurniasih, I , Sani , B. (2017). Pendidikan Karaker. Yogyakarta: Kata
Pena

Karya. Muklis, M (2012). Pembelajaran Tematik. Jurnal Fenomena. Vol 1. No 1. Hal 63-76.

Lickona, Thomas. (2013). Educating for Character: Mendidik untuk
Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Moeleng, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Agustin Syafitri (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 8. No 2. Hal 86-103.

Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahayuningsih , Ikawati Dian dan Mustadi, Ali. (2018) . Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 3. No 2. Hal.123-129.

Reza Armin Abdilah Dalimunte. (2015). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan. Vol 5. Hal 102-111.

Rusman. (2016) . Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Rajawali
Press.

Salahudin, A., Alkriencihi, I . (2013). Pendidikan Karakter ( Pendidikan
Berbasis Agama dan Budaya Bangsa ). Bandung: CV Pustaka Setra.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,
Bandung: Alfabeta.

Sukayati. (2011). Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Terapan dari
Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta : PPPG Matematika-Depdiknas

Tohirin , M.Pd. (2012) . Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan
Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.





Towaf, Siti Makhlikhah. (2014). Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran
IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 20. Hal 75-85

Wahyu septi utami, Ardiyanto Asep, Wijayanti Afrilia. (2019). Analisis
Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kurikulu
2013. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3. Hal 209-214: ISSN 2580-4790.

Yulianti, S.D, Djatmika, E.T & Santos, A. (2016). Pendidikan Karakter
Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum
2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol 1. No 1. Hal 33-
38

Zulhijrah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.
Tardrib.Vol 1. No 1. Hal 1-19.
Published
2020-01-25