Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong

  • Rizal Hermawan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nouval Rumaf Program Studi Pend. Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Literasi; Keterampilan Membaca; Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Membaca merupakan kemampuan yang paling mendasar sebagai bekal untuk mempelajari segala sesuatu, dalam literasi membaca merupakan bentuk pembelajaran yang sangat menarik dan penting bagi guru dan peserta didik agar suatu pembelajaran mudah dipahami atau dimengerti saat melakukan kegiatan membaca, menulis maupun berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan literasi dapat berpengaruh  terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Populasi  penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV  SD Inpres Kabupaten Sorong yang berjumlah 67 siswa, dimana kelas IV A sebanyak 20 siswa, kelas IV B sebanyak 27 siswa dan kelas IV C sebanyak 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre test dan post test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh literasi terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Hal ini ditunjukan oleh nilai thitung sebesar 13.220 dengan dk=n-2 (40-2=38) diperoleh ttabel 2.024. Berdasarkan hasil analisis data nilai yaitu thitung > ttabel (13.220 > 2.024) maka hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-30