Implementasi Flipped Classroom dalam Mendukung Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Flipped Classroom yang mendukung merdeka belajar sehingga meningkatkan kemandirian belajar. Pada Penelitian ini termasuk dalam kuantitatif deskriptif , dengan teknik analsis data menggunakan angket skala liket dengan nilai 1 sampai 4. Populasi dan sampel sebanyak 90 peserta didik Kelas 5 Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan menghitung presentase jawaban dari setiap inidikator dari nilai presentase tertinggi dan nilai presentase terendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran Flipped Classroom terdapat 47,5% peserta didik mampu memahami dan beradaptasi dengan pembelajaran Flipped Classroom. 51,8% kemandirian belajar peserta didik meningkat. Dalam penelitian ini menunjukkan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik sekolah dasar. Peserta didik juga memiliki rasa antusias yang sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa Flipped Classroom menjadi salah satu solusi pendekatan pembelajaran yang mengatur aktivitas belajar didalam dan diluar kelas sehingga dapat mendukung merdeka belajar dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah dasar.
Downloads
References
Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42–49. Retrieved from https://pusdig.my.id/literasi/article/view/7
Amelia, V., & Rindaningsih, I. (2023). he Importance of Educator’s Commitment in Improving Students’ Learning Independence After the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Education Methods Development,.
Amelia, V., & Rindaningsih, I. (n.d.). The Importance of Educator’s Commitment in Improving Students’ Learning Independence After the Covid-19 Pandemic: Pentingnya Komitmen Pendidik dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19.
Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, D. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Atieka, T. A., & Budiana, I. (2022). Kemandirian Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom Di Sman 7 Tangerang. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 15. Retrieved from https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8028
Bariroh, V., & Setiawan, A. C. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, 1245–1256.
Deni Okta Nadia1, Desyandri2, Y. E. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme, 07, 878–887.
Fitriani, A., Reffiane, F., Sekolah, K., Indonesia, B., Article, H., & Pembelajaran, P. M. (2021). http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm Penerapan Model Pembelajaran, 1(24), 1–11.
Hadijah, S., & Shalawati. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif melalui Metode Flipped Learning. Community Education Engagement Journal, 2(1), 52–61.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. Retrieved from https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Ihwono, R., Mariono, A., & Dewi, U. (2023). Multimedia Web Learning Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sma. Jurnal Education and Development, 11(2), 413–419. Retrieved from https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4566
Li, R., Lund, A., & Nordsteien, A. (2021). The link between flipped and active learning: a scoping review. Teaching in Higher Education, 0(0), 1–35. Retrieved from https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1943655
Maret, H., & Ende, P. S. D. K. (2022). JUPIKA : Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores Analisis Kesulitan Guru di Masa New Normal, 5, 68–74.
Marlina, T. (2022). Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 67, 1(1), 67–72.
McNamara, A. (2021). Flipping the creative conservatoire classroom. Theatre, Dance and Performance Training, 12(4), 528–539. Retrieved from https://doi.org/10.1080/19443927.2020.1864462
Moore, M. G. (2016). Flipped Classrooms, Study Centers Andragogy and Independent Learning. American Journal of Distance Education, 30(2), 65–67. Retrieved from https://doi.org/10.1080/08923647.2016.1168637
Mustika, T. P., Fajriani, S. W., Prasetio, M. B., & Pernantah, P. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa New Normal di MTsN 3 Rokan Hulu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 901–906. Retrieved from https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.509
Nojeng, A., Alwi, A. S., Aisah, A. N., Muzyaitir, Z., Fardan, M., Makassar, U. N., … Terbalik, K. (2023). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Dengan Konsep Flipped Classroom Di Masa Endemi Covid-19, 01, 1–10.
Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah, 929–930.
Ozyurt, O. (2022). Empirical research of emerging trends and patterns across the Flipped Classroom studies using topic modeling. Education and Information Technologies, (0123456789). Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10639-022-11396-8
Rahmawati, N. (2022). Teacher Problems During the Implementation of Learning in the New Normal Era in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 176–185. Retrieved from https://dx.doi.org/10.23887/jisd.v6i1.44485
Ratna Yulis. (2023). Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 13, 31–40.
Rindaningsih, I., Findawati, Y., Hastuti, W. D., & Fahyuni, E. F. (2021). Synchronous and Asynchronous With Flipped Learning Environment in Primary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 5(1), 33. Retrieved from https://doi.org/10.22460/pej.v5i1.1883
Rindaningsih, I., Hastuti, W. D., & Findawati, Y. (2019). Desain Lingkungan Belajar yang Menyenangkan Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Dasar. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 41–47. Retrieved from https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2452
Rohmah, S., & Widhyahrini, K. (2023). Analisis Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic ( VAK ) dengan Teknik Whole Brain Teaching ( WBT ), 6(1), 67–77.
Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419. Retrieved from https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Bandung: ALFABETA.CV.
Suryani, D. R. (2022). Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandiran Belajar Siswa Implementation of Blended Learning to Improve Student ’ s Learning Independence, 4, 68–72.
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. Retrieved from https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915
Triana, L., Wibowo, S. E., & Putriawati, W. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Matematika dan Peran Keluarga selama Pembelajaran di Era New Normal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 45–50. Retrieved from https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.383
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. Retrieved from https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1404
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.