Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

  • Eti Endang Kusmiati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Widartiningsih Widartiningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhibbin Muhibbin Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Perkembangan kognitif; Jean Piaget; Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif Jean Piaget dan implemetasinya pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Sumber data berasal dari buku, jurnal, dan hasil penelitian. Analisis data dilakukan melalui content analysisContent analysis merupakan teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan dalam upaya menemukan ciri-ciri suatu pesan, dan dilakukan secara objektif dan sistematis yang terkandung dalam media komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan implikasi teori Piaget, peserta didik harus dapat difasilitasi untuk belajar secara mandiri melalui keadaan yang diciptakan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu, dalam belajar IPA yang biasanya kebanyakan menghitung dan menganalisa contoh soal disarankan menggunakan metode pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa seperti metode discovery learning dan pembelajaran kontekstual. Pendidik sebagai fasilitator harus dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar serta berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan bukan sebatas menyampaikan isi dari suatu bahan ajar kepada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Das, K. (2020). Realistic mathematics & Vygotsky’s theories in mathematics education. Shanlax International Journal of Education, 9(1), 104-108. DOI: 10.34293/education.9i1.3346.

Gafoor, K. A., & Kurukkan, A. (2015). Why high school students feel mathematics difficult? an exploration of affective beliefs. UGC Sponsored National Seminar on Pedagogy of Teacher Education- Trends and Challenges at Farook Training College, Kozhikode, Kerala.

Hafni, Merri, 2005. Implementasi Tahap Tahap Perkembangan Kognitif Piaget Pada Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas Sekolah Dasa. Digital Repository Universitas Medan Area, 1-40.

Huang, Yu-Chia. (2021). Comparison and contrast of Piaget and Vygotsky's theories. Proceedings of the 7th International Conference on Humanities and Social Science Research (ICHSSR), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol 554, 28-32.

Jega, S. H., Muhammad, S., & Gwandu, Z. L. (2018). Causes of Students Mass Failure in Mathematics at Senior Secondary Schools Certificate Examination (SSCE) in Some Selected Secondary Schools in Kebbi State. International Journal of Education and Evaluation, 4(4), 12-25.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27- 34.

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan kognitif dan implikasinya dalam dunia Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 11(1), 1-14.

Lourenço, O. (2012). Piaget and Vygotsky: many resemblances, and a crucial difference. New Ideas in Psychology, 30, 281-295.

Nazilatul Mifroh, 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1 (3), 253-263

Nuryati & Darsinah. (2021). Implementasi teori perkembangan kognitif Jean Piaget dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2), 153162.

Oakley, L. (2004). Cognitive Development. London: Routledge-Taylor & Francis Group.

Piaget, J. (1958). Construction of reality in the child. London: Routledge & Kegan Paul.

Prakash, A.P., Jerlin, J. E., & Fernandes, J. B. (2014). A study on the causes for failures in mathematics by engineering students using CFRM model. Proceedings of the World Congress on Engineering 2014, Vol I, http://www.iaeng.org/publication/WCE2014/WCE2014_pp29-33.pdf.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Published
2024-01-30