Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo

  • Ila Nur Aeni Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Kemampuan; literasi; reading guide

Abstract

Dalam proses pembelajaran dikelas ada hambatan ketika kegiatan literasi diterapkan salah satunya yaitu peserta didik bosan dengan kegiatan membaca karena terlalu monoton dan diisi dengan lebih banyak bermain dan berbicara dengan temannya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di SDN Tlogorejo tepatnya pada kelas V dengan jumlah 11 peserta didik menggunakan metode pembelajaran reading guide. Penelitian ini menggunakan studi analisis deskriptif. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data, mengolah data, menguraikan data dan menginterpretasikan data serta menyimpulkan data. Penelitian dilakukan selama tiga kali pertemuan dari bulan mei akhir sampai awal juni. Penelitian ini menerapkan cara yakni planning, acting, observing, dan reflecting. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaplikasian metode pembelajaran reading guide untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi “menemukan informasi penting yang di tulis dalam bentuk peta pikiran terbukti berhasil meningkat sebesar 27,27% (dari 54,55% di siklus I menjadi 81,82% di siklus II). Pendidik juga telah berhasil mencapai tujuan yang di inginkan dalam mengimplementasikan metode pembelajaran reading guide. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran genius learning terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Fatimah, N. H. S. (2021). Penerapan Strategi Reading Guide Melalui Reading for Fun Dalam Pembelajaran Tematik. Universitas Islam Negeri Kyai Achmad Siddiq.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Hsb, Y. N. R. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide Dalam Isi Bacaan Pada Siswa Kelas Iv. Skripsi.

Mariani. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pesera Didik Pada Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak Terpuji Melalui Model Pembelajaran Reading Guide Kelas XI OTP 4 UPT SMK 1 SINJAI.

Meutiana, M. (2015). Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Peusangan Bireuen. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.307

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analysis of Indonesian Students’ Achievement on PISA and Urgency of Literacy and Numeracy Oriented Curriculum. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Rezki amaliya. (2014). Pengaruh Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Yang Memiliki Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri Balang-Bala8ng Kabupaten Gowa. 34.

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Sugiarto, R. (2020). Penerapan Strategi Reading Guide Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. 21(1), 1–9.

Sutomo, M. (2015). Penerapan Reading Guide dalam Pembelajaran Di Madrasah. 134–149.

Suwono, H. dkk. (2015). Peningkatan Literasi Saintifik Siswa Sma. Jurnal Ilmu Pendidikan, 136–144.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Kwangsan, 4(2), 67. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Published
2023-07-26