Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri Joho 01 Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, hambatan dan solusi menghadapi hambatan implementasi profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SD Negei Joho 01 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas 1 dan 4 yang berjumlah 9 anak serta kepala sekolah. Sumber data yang digunakan yaitu hasil wawancara, dokumen dan catatan lapangan hasil observasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumberdan teknik. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan interaktif. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka sudah berjalan namun belum optimal. Hambatan yang sering tampak antara lain pada dimensi mandiri yaitu peserta didik masih kurang percaya diri, dan ada peserta didik yang selalu meminta bantuan guru atau teman dalam menyelesaikan tugas. Selanjutnya pada dimensi bernalar kritis seperti peserta didik belum mampu menangkap informasi yang disampaikan guru dengan tepat dan cepat. Terakhir, kurangnya pendanaan. Terdapat tiga solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. (1) Guru memberikan bimbingan dan memberikan stimulus kepada peserta didik agar ia percaya diri. (2) Guru membuat program gerakan literasi membaca dan mengarahkan peserta didik untuk diskusi kelompok agar peserta didik dapat berpikir kritis. (3) Mengadakan gerakan gemar menabung.
Downloads
References
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61-72.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. 2021. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 76–84. Retrieved fromhttps://dinastirev.org/JMPIS/article/view/388
Kemendikbud Ristek. 2021. Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Krismanita, R., & Qosyim, A.2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. E-Jurnal:Pendidikan Sains
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P.2022. Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan
Maskur, I., Fakhruddin, F., & Ifnaldi, I. (2023). Pembinaan Sikap Religius Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 27 Lubuklinggau (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Mesra, R. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045-4052.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.
Slam, Z. 2021.Proyek Kewarganegaraan Berbasis Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
Suswandari, M. 2017. Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Bahan Ajar IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Suswandari, M. 2018. Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara
Unayah, N. (2017). Gotong Royong Sebagai Modal Sosial Dalam Penanganan Kemiskinan.Sosio Informa, 3(1), 49-58. https://doi.org/10.33007/inf.v3i1.613
Widodo, S. 2016. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Pengembangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C. International Journal Pedagogy Of Social Studies. 101
Winarsih, B. 2017. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79.Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/322599509.Pdf.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.