Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV antara yang menggunakan pendekatan saintifik dan yang menggunakan pendekatan konvensional. Jenis pendekatan penelitian ini ialah kuantitatif quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat, sebanyak 60 siswa dan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa diambil dari sampel penelitian. Yaitu, kelas IV A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi & soal essay sebanyak 15 butir. Uji hipotesis sebelum dilakukan pengujian dengan menggunakan uji-t diperoleh
Downloads
References
Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020
Ekawati, Novia Diah, and Wagino Wagino. (2014). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech 13(2):183. doi: 10.17509/edutech.v13i2.3095.
Lestari, Titik Endang. (2020). Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Liana, Dina. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 6(1):15–27. doi: 10.46963/mpgmi.v6i1.92.
Mahpudin. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 1. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1029
Maryani, Herlina Effendi, and Henky Sabantaro. (2020). “Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas VIII Materi Lingkaran.” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2):65–74. doi: 10.31316/j.derivat.v7i2.1053.
Prananda, Gingga. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Vol. 3 DASAR. 3(3) doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181.
Rohmawati, S., Sihkabuden, & Susilaningsih. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA di MTS Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Volume 1, No. 8. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Sayekti, I. C., Rini, I. F., & Hardiyansyah, F. (2019). Analisis Hakekat IPA Pada Buku Siswa Kelas IV Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256
Sufiyanto, Imam Mohammad. (2019). Pembelajaran IPA SD/MI. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. Bandung: ALFABETA.
Suryani, Ni Komang, Ndara Tanggu Renda, and I. Made Citra Wibawa. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep IPA dan Keterampilan Proses Sains IPA Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.” Journal of Education Technology 3(1):35. doi: 10.23887/jet.v3i1.17962
Susilana, R., & Ihsan, H. (2014). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, 13(2), 183. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095/
Syarifuddin, S. (2018). The effect of using the scientific approach through concept understanding and critical thinking in science. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.15312
Zuliani, Rizki, and Ferry Perdiansyah. (2020). Pembelajaran IPA SD. Tangerang: FKIP UMT Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.