Penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan yang ditemukan di kelas V SDN 4 Gununglipung, yaitu peserta didik memiliki motivasi belajar yang kurang, disebabkan karena dalam pembelajaran guru yang tidak bervariasi, hal ini menyebabkan peserta didik mudah bosan ketika melaksanakan kegiatan pemebelajaran karena kegiatan pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian berjumlah 22 peserta didik 11 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa dukumenter, penyebaran angket dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis, kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yang dibuktikan dengan meningkatnya persentase analisis angket skor motivasi belajar, pada pra siklus sebesar 50,54%, siklus I sebesar 69,09% meningkat pada siklus II menjadi 76,40%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan jika model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Andriani, M. (2019) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Team Assisted Individualization: Journal of Primary Education (online). 2(1), 9–17.
Firmansyah, E., & Solihah, S. (2019). Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 68-82.
Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarno, U. (2017). Hard Skilsl dan Safi Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Ikhwandari, L. A., Hardjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Dengan Model Numbered Heads Together (Nht). Jurnal Basicedu, 3(4), 2101-2112.
Ngatini. 2012. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Tentang Fungsi Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Bagi Siswa SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2): 151-159. SMP Negeri 1 Purwodadi.
Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140-150.
Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi. Pendipa Journal of Science Education, 6(2), 523.
Purwanti, W.et.al (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa model kooperatif tipe numberedheads together untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal : Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3 (1), 70-79
Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyanto, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Indonesia: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, dkk. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sulastri, & Benedictus, K. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model RME (Realistic Mathematics Education) Siswa Kelas IX A SMP Negeri 04 Bumiayu Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 435–444.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing)
Uno B. Hamzah. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JUSTEK: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 82-88.
Zahrah, R. F. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Masalah Kontekstual Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 119–126. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4229
Zahrah, R. F., & Suryana, Y. (2019). Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasae. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 69–75.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.