Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian memeriksa kebelakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian dibentuk dalam wujud angka yang di analisis dengan statistic dan hasilnya di deskripsikan. Tehnik pengambilan data metode observasi, tehnik angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunnakan analisis deskriptif uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji hipotesisi kecenderungan variabel penggunaan gawai tergolong pada kategori tinggi dengan nilai rata- rata 32,96; minat belajar tergolong pada kategori tinggi dengan rata- rata 82 hasil dari observasi minat belajar tergolong pada kategori tinggi dengan rata-rata 42,666. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa kelas VI C Sd Inpres 12 Kabupaten Sorong yang di tunjukan pada nilai korelasi (R) sebesar 0,232 dan nilai signifikansi 0,264 > 0,05 serta nilai korelasi determinan (R2) sebesar 0,54.
Downloads
References
Achru, A. (2019). Perkembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah 3(2),205-215.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Bakar, I. S., & Kadas, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar siswa kelas V MIN 1 Kota Sorong. Jurnal Kajian Keislaman, 57-66.
Faizin, M., & Mambrasar, O. (2022). Hubungan Kreativitas Guru Dengan Minat Baca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Ypk Alfa Omega Waisai. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 59-66.
Fitriyah E. (2013). Pengaruh Perkembangan Gadget Bagi Anak. http://www.elfiatul.blogspot.com/2013 /09/Karya-Tulis-Ilmiah. diakses 26 Oktober 2020.
Fitra, Indiana. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Paud dan TK Taruna Islam Pekan Baru. Jurnal Photon 9(1), pp. 208-213.
Hastri Rosianti, R. N. (2017). Pengguunaan Gadget sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Matakuliah Matematika Dasar. Jurnal pendidikan matematika , 25-36.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 27-31.
Mutiāah, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas atas sd islam morgolembo kabupaten luwu timur. 11-14.
Pratama. (2015). Dampak Positif dan Negatif penggunaan Gadget.
Prasetya, T.I. (2012). Meningkatakan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Malang. Jurnal of Educational Research And Evaluation 1(2), pp. 107-112.
Rumasukun, N. A., & Faizin, M. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 13-22.
Setiawan Bakar, i. P., & Kaddas, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Min 1 Kota Makasar. Jurnal Kajian Keislaman, 57-66.
Slameto. (2010). Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi . Jakarta Ri eka Cipta.
Subarka h, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan. Pengaruh Gadget.
Sugiono. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta Graha Ilmu.
Sugiono. (2012). Meode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.