Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus

  • Widya Sinta Kumala Sari Program Studi PGSD, Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Program Studi PGSD, Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri Program Studi PGSD, Universitas Muria Kudus
Keywords: Kreativitas; Karya Dekoratif; Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan kreativitas siswa yang cenderung meniru apa yang dilakukan oleh guru. Sehingga siswa tidak dapat mengetahui potensi kreativitas dalam dirinya. Oleh karena itu, guru membantu dan memfasilitasi berbagai keterampilan untuk mengembang kreativitas siswa melalui pembelajaran yang aktif salah satunya adalah pembelajaran project based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil kreativitas karya dekoratif siswa dalam pembelajaran seni budaya berbasis project based learning pada kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pendekatan narasi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD 5 Gondangmanis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kreativitas dalam pembelajaran project based learning termasuk dalam kategori sangat baik. Bentuk indikator kreativitas siswa terdiri dari kelancaran, keluwesan/fleksibilitas, keaslian, dan elaborasi dtermasuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran project based learning siswa mampu mengembangkan kreativitasnya membuat karya dekoratif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Pengantar Metodologi Penelitian (p. 218).

Agustin, S. (2021). Peran Kreativitas Seni dalam Proses Pendidikan. 5, 1507–1511.

Efrimal, F., Kurnia, N., & Wasidi. (2017). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kecermatan Dan Kreasi Seni Rupa (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Seluma). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 48–61.

Fitri, H., Junindra, A., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Analisis Pembelajaran SBdP menggunakan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 11082–11088.

Fujiawati, F. S., Permana, R., & Mustika, G. (2020). Pembelajaran Seni Budaya Dengan Model Project Based Learning ( Pjbl ). JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 5(1), 41–55.

Hariyani, T. I., Fajrie, N., & Roysa, M. (2021). Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6237

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Kusnawan, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas IX melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.53889/jpig.v1i1.18

Kutsiyah, M. (2014). Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Dekoratif pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–10. https://www.semanticscholar.org/paper/PENERAPAN-METODE-PROYEK-UNTUK-MENINGKATKAN-PADA-DI-kutsiyah/3c5dec7d9fada80d1fc17babe356bbc97c6c01da

Lestari, I. &, & Linda Zakiah. (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran (Issue Juni).

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Nugrahani farida. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1, p. 305). http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Rainy, F., Dewi, N. K., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menggambar Bentuk Untuk Siswa Kelas IV SDN 40 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1543–1551. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.811

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Relisa, Murdiyaningrum, Y., & Lismaynati, S. (2019). Kreativitas Guru dalam implementasi kurikulum 2013. In Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wardani, D. K., Suyitno, & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 207–213.

Wijayanti, D., & Kironoratri, L. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DAN MEDIA PALANG ARAHKU.

Published
2024-01-30