Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Kata

  • Yunika Ciptaning Tyas Universitas Muria Kudus
  • Much. Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus
Keywords: Peningkatan; Make A Match; media kartu suku kata; bahasa Indonesia

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif memerlukan dukungan model dan media pembelajaran yang interaktif serta sesuai dengan keadaan kelas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa di SD N 2 Logede dalam pembelajaran di kelas yang menerapkan model Make A Match berbantuan media kartu susun suku kata dengan muatan Bahasa Indonesia materi cerita fabel. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Make A Match dengan berbantuan media kartu susun suku kata, aktivitas belajar siswa di kelas II SD N 2 Logede mengalami peningkatan sebesar 18% dengan rincian pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 69%, kemudian meningkat  pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 81%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu susun suku kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas II SD N 2 Logede dengan materi cerita fabel muatan Bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan tercapainya persentase kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu sebesar 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Lif Khoiru, S. A. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Di Kelas. PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Dagasou, M. O., Lesnussa, A., Mahananingtyas, E., & ... (2022). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. …, 10(1), 50–55. https://media.neliti.com/media/publications/519363-survei-minat-belajar-peserta-didik-terha-fe6d974c.pdf

Dewi, N. P. Y., Suandi, I. N., & Sudiana, I. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Sikap Bahasa, Dan Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jppbi.v9i1.3204

Harwini, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 48–52. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.267

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Kayan Gung Aprilia, I. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VC SD WIDIATMIKA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 118–125. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.415

Khauro, K., Setiyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 667–671. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1110

N.A. Dewi, I.G.A. Wesnawa, & I.W. Kertih. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Peta Pikiran, Keterampilan Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 21–33. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.242

Sardiman A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo Persada.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Ulfa, Z. I., Ismaya, E. A., & Fardhani, M. A. (2020). Penerapan Model Student Teams Achievement Division dengan Utaku untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26648

Usman, M. U. (2007). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Wijayanti, D., Murtono, M., & Kironoratri, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Dan Media Palang Arahku. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 80–85. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5049

Published
2024-01-30