Persepsi Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VA SD Negeri 36 Kota Sorong

  • Maria Tugakeri Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Supriyati Fatma Rabia Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Surya Putra Raharja Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Bimbingan Orang Tua; Prestasi Belajar; Siswa Sekolah dasar.

Abstract

Orang tua memiliki persepsi terhadap capaian prestasi belajar peserta didik sebagaimana lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan siswa yang paling utama, karena di dalam keluarga inilah siswa pertama kalinya mendapatkan pendidikan serta bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua serta prestasi belajar peserta didik pada pembelejaran di sekolah dasar. Penelitian ini berupa penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, interview dan dokumentasi. Tempat pengambilan data di lakukan di SD Negeri 36 Kota Sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan siswa kepada berbagai hal seperti pendidikan, kebudayaan, nilai serta norma-norma kehidupan bermasyarakat itu di mulai dalam lingkungan keluarga. Dengan adanya bimbingan orang tua di rumah tentunya akan sangat membantu menumbuhkan semangat belajar anak. karena orang tua itu harus memberikan bimbingan kepada anaknya dengan berbagai macam cara apapun. prestasi belajar peserta didik mengalami perubahan yang positif dengan adanya bimbingan orang tua saat belajar di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, Abdul Ranchman. 2018. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: Tiara Wacana

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rinekacipta.

Al. et. Dmitri. 2016.” Motirations of play in penerbit dan kota?

Aziz, ibnu. 2013. Panduan Praktis Menguasai Internet. Yogyakarta: Citra Media.

Djaali. 2012 Paduan Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Djamara, SyaifulBahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamara, SyaifulBahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,Poiedisi.

Hurlock, Elizabeth B. 2016. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga Muhibi.

Jumadi, J. (2018). Peranan Motivasi Belajar Matematika, Persepsi Terhadap Pelajaran Matematika, dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 54-68.

Suwarto, S., & Fajri, H. (2018). Persepsi orang tua terhadap proses bimbingan belajar anak di rumah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).

Syah. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 88.

Musika, 2019. "Persepsi Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Va Sd”. Gramedia Pusaka Utama.

Nawari. 2018. Analisis Regresi Dengan MS Excel 27 dan SPSS. Elex Media Komputindo.

Nuri, A. I., & Sumaryoto, S. (2023). Pengaruh Persepsi Atas Sarana Prasarana Pembelajaran dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 101-111.

R. EIzzaty. 2018. Perkembangan Peserta Didik: 2013. Yogyakarta:Uny Press

Slametto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. halaman 57

Published
2024-05-11