Penggunaan Metode Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode reading guide terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan desain eksperimen tipe one-group pretest-posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode reading guide dan variabel terikatnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes (pretest/posttest). Teknik analisis data terdiri dari 3 tahap observasi dan dekriptif data , uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas butir instrumen pretest dan posttest yang diperoleh sebesar 0,430. Dari hasil analisis data diperoleh deskriptif data pretest nilai mean sebesar 42,5241 sedangkan posttest mean sebesar 73,0138. Dari analisis data diperoleh uji normalitas sig sebesar 0,200 > 0,05, maka data berdistribusi normal. Hasil uji one sample T-test dari data posttest diperoleh Thitung >Ttabel yaitu 46,364 >2,052 dengan besar taraf Sig (2-teiled) sebesar 0,001< 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 di tolak, dapat simpulkan bahwa metode reading guide memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong.
Downloads
References
Aeni, Ila Nur, and Ismail Marzuki. 2023. “Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5 (2): 141–47. https://doi.org/10.36232/jurnal pendidikandasar.v5i2.4546.
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79-89.
Dewi, F., Yulianto, A., & Solehun, S. (2021). Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 40-46.
Faizin, M., & Mambrasar, O. (2022). Hubungan Kreativitas Guru Dengan Minat Baca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Ypk Alfa Omega Waisai. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 59-66.
Pania, T. F., Irfan, M., Hamdi, Z., & Sururuddin, M. (2021). Pengaruh Metode Reading Guide Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Kelas V SDN 4 Danger Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4868-4877.
Putri, I. N. R., Yulianto, A., & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31-37.
Pongdatu, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Metode Guide Reading Bagi Siswa SD. Nubin Smart Journal, 1(1), 118-125.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.
Yanti, N. R. D., & Pritasari, A. C. (2023, July). Pengaruh Strategi Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 3 SDN Morkoneng 1 Kwanyar. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 266-278).
Yulianto, A., Kusumaningrum, S., & Polan, E. F. (2022). Dampak GLS (Gerakan Literasi Sekolah) terhadap Minat Baca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 125-131.
Zuhari, A. E. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Guide Reading (Gr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Zuhari, A. E., Djumhana, N., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Metode Guide Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 11-21.
.. 2, (1). 78-81
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.