Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Kelas 5 SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dan faktor-faktor penghambat serta pendukungnya di kelas 5 SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi dan catatata lapangan. teknik analisis data adalah kualitatif interaktif yang melibatkan empat tahap utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Aimas. Penelitian ini menunjukkan bahwa GLS telah berhasil diterapkan sejak 2016, dengan fokus pada membaca, menulis, dan bercerita. Faktor-faktor pendukung keberhasilan ini meliputi dukungan guru yang antusias dan fasilitas perpustakaan yang nyaman. Namun, ada hambatan seperti kurangnya fasilitas perpustakaan dan dampak perubahan kurikulum. Minat siswa dalam literasi dianggap penting untuk keberhasilan GLS. Penelitian ini juga membahas solusi potensial dan implikasi teoritis untuk meningkatkan literasi siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang implementasi GLS di SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya dan potensi solusi untuk meningkatkan literasi siswa.
Downloads
References
Akbar. (2017). "Tujuan dan Manfaat Literasi Sekolah: Meningkatkan Keterampilan Siswa." Jurnal Pendidikan, 11(2), 67-78.
Anderson, J. (2015). "Pengembangan Lingkungan Literasi di Sekolah." Penerbit LMN, Kota Penerbit.
Asrul, A., Ramadhani, I. A., Marzuki, I., Patmawati, P., & Dewi, A. R. (2023). PELATIHAN LITERASI BACA TULIS BERMUATAN PENDIDIKAN INKLUSIF DAN DISIPLIN POSITIF BAGI GURU SEKOLAH DASAR. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6383-6394.
Brown, R. (2012). "Kurangnya Akses ke Bahan Bacaan dalam Pendidikan." Penerbit OPQ, Kota Penerbit.
Dewi Utama Faizah, dkk. (2016). "Mempupuk Budaya Literasi dalam Membaca dan Menulis di Sekolah." Jurnal Pendidikan Literasi, 8(2), 78-91.
Endaryanta. (2017). "Peningkatan Minat Membaca Siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah." Jurnal Literasi Pendidikan, 13(2), 76-88.
Fitri Dewi, dkk. (2021). "Strategi Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa." Jurnal Pendidikan, 9(4), 55-68.
Foster, A., & White, B. (2016). "Pentingnya Minat Siswa dan Semangat dalam Literasi: Pendekatan Baru". Penerbit GHI: Kota Penerbit.
Johnson, M. (2021). "Strategi Peningkatan Literasi di Sekolah." Penerbit UVW, Kota Penerbit.
Johnson, P. & Brown, L. (2008). "Peran Guru dalam Peningkatan Literasi Siswa." Penerbit XYZ, Kota Penerbit.
Malawi. (2017). "Budaya Literasi dalam Konteks Pendidikan." Jurnal Kajian Pendidikan, 14(1), 45-58.
Martinez, G. (2017). "Perubahan Kurikulum dan Tantangan dalam Penerapan Program Literasi." Penerbit ABC, Kota Penerbit.
Munawroh. (2019). "Tantangan Minat Membaca Siswa di Indonesia: Implikasi untuk Pendidikan Literasi." Jurnal Pendidikan Nasional, 6(1), 23-36.
Rahmah Kumullah, dkk. (2019). "Minat Membaca Siswa dan Keterampilan Membaca: Pendekatan Pendidikan Literasi." Jurnal Literasi Pendidikan, 14(1), 32-45.
Ramdhan. (2022). "Perilaku Positif dan Keterikatan Intrinsik dalam Minat Membaca." Jurnal Pendidikan Literasi, 15(3), 112-126.
Retnaningdyah. (2016). "Pentingnya Literasi dalam Mengakses Pengetahuan Orang Lain." Jurnal Literasi, 5(4), 89-101.
Smith, A. (2019). "Pengaruh Kurikulum terhadap Praktik Literasi di Sekolah." Penerbit RST, Kota Penerbit.
Sutriatno. (2018). "Tujuan Universal dan Tujuan Khusus Literasi Sekolah." Jurnal Literasi Pendidikan, 12(3), 45-56.
Teguh. (2017). "Gerakan Literasi Sekolah: Melibatkan Komunitas Sekolah dalam Literasi." Jurnal Pendidikan Literasi, 10(3), 112-125.
Turner, J. (2019). "Strategi Inovatif untuk Peningkatan Literasi di Sekolah." Penerbit DEF, Kota Penerbit.
Yulianto, dkk. (2022). "Minat Membaca: Kajian Konsep dan Pengukuran." Jurnal Psikologi Pendidikan, 20(2), 67-8
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.