Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai

  • Nur Almaidah Rumasukun Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Gika Apia Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kepala Sekolah; Implementasi Kurikulum; Kurikulum Merdeka

Abstract

Kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka belajar berfungsi sebagai Educator, Manajer, Administrator, Supervisior, Leader, Inovator, Motivator. Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri 02 Waisai dan faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka. Menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka bisa dikatakan sudah baik, kepala sekolah mampu menggerakkan, mengarahkan anggota secara tepat, memberikan bimbingan kepada guru dalam rangka rapat-rapat, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan dan pembinaan, memberikan fasilitas baik sarana dan prasaran yang mendukung IKM di sekolah, monitoring dan evaluasi dengan mengadakan rapat secara rutin. Kepala sekolah sangat berperan dalam implementasi kurikulum merdeka, meskipun masih ada beberapa hambatan yang perlu diatasi, diantaranya beberapa guru yang masih beradaptasi dengan perubahan pembelajaran, orang tua yang kurang berperan aktif. Faktor pendukungnya yaitu fasilitas sarana dan prasarana, sosialisasi kurikulum merdeka belajar, peran guru, serta peran orang tua. Bisa dikatakan bahwa Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 02 Waisai sudah baik. Peran kepala sekolah merupakan kepemimpinan yang melaksanakan perannya sebagai pendidik, supervisor dan pemimpin secara visioner dalam pengimplementasian kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini and Dela Khoirul, 2020. Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter, Jurnal Filsafat Indonesia, 3, h. 98.

Amani, N. K. 2022. Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar, Karakteristik Hingga Kriteria Umum.

liputan6.com.https://www.liputan6.com/bisnis/read/5005662/mengenalkurikulum-merdeka-belajar-karakteristik-hingga-kriteriaumum. 16 Maret 2023.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu penddikan. Jurnal Tawadhu, 4 (1), 1063-1073.

Bungawati, B. 2022. Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. JURNAL PENDIDIKAN, 31(3), 381–388.https://doi.org/10.32585/JP.V31I3.2847.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2013. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT R.

Imam, Wahyudi. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Professional. Jakarta: Prestasi Jakarta.

James. (2013). Kualitas Kepala Sekolah Yang Efktif, Jakarta: tim indeks.

Mustaghfiroh. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol 3.

Nurani, D., Anggraini , L., Misiyanto, & Mulia, Rizqi, K. (2022). Buku Saku Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta Pusat: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.

Ramadina, E., Sayyid, U., & Tulungagung, A. R. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic : Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.47776/MOZAIC.V7I2.252. 19 Maret 2023.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya.. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yamin, M. Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6 (1),126-13.

Zahra, N. Z., & Putri, S. 2016. Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Kinerja Guru: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep. Jakarta. Bumi Aksara Nawawi, Hadari. Http://Digilib.Uinsby.Ac.Id/1395Hamalik. 18 Januari 2023.

Published
2024-01-30