Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 26 Kota Sorong

  • Nurhasanah Malaende Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Surya Putra Raharja Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Take and Give; Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe take and give berpegaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 26 Kota Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 26 Kota Sorong tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest, dan posttest. Pretest dan posttest berisi soal yang berkaitan materi Bilangan Pecahan.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t statics wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri 26 Kota Sorong. Hal ini ditunjukkan uji normalitas data pretest dan posttes berada pada distribusi tidak normal, sehingga dilanjutkan dengan uji statistik non parametrik dengan mengunakan uji t statics wilcoxon. Hasil uji Wicoxon Signeg Ranks Test diperoleh nilai rerata positive ranks adalah 7,50 dan negative rank adalah 0,00. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran take and give sedangkan berdasarkan taraf signifikansi pada uji statistik wilixon hasil dari nilai pre-test dan post-test diperoleh nilai signifikansinya (sig. (2 – tailed)) adalah 0,000 maka sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan jika nilai probabiliats  maka  ditolak,  diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novitasari, Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika (FIBONACCI), Volume 2, Nomer 2, Halaman 8-18

Maryam, St, M. Ilmi, N. Rahma, N. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol, 7. No, 3, Halaman 378-385

Sarumaha, R., Ge’e, T. 2020. Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis Di Kelas VII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), Volume 6, Nomor 1, Halaman 1-9.

Septina, R.K.D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Take And Give Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas 2 SD N Demangan Yogyakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, Volume 7, Nomor 3, Halaman 311-323.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yusrianti, 2016. Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep pada Siswa SDN Mangkura V Kota Makassar. Tesis. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Zainal, Z. Mukhlisa, N., Azizah, N. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology. Volume 4 Nomor 2 Juni 2022 Hal. 99-103

Published
2024-09-29