Pemanfaatan Daun Kering Berbasis Pendekatan STM pada Peserta Didik SDN Remo
Abstract
Faktor penyebab kerusakan lingkungan khususnya di sekolah adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya pembuangan limbah yang benar. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru dapat menerapkan pembelajaran dengan pendekatan STM. Pendekatan STM merupakan satu diantara pendekatan pembelajaran kontekstual yang membantu peserta didik menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan daun kering untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengkaji pembelajaran berbasis STM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dicapai melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknis, sedangkan teknik analisis data dicapai melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil bahwa peserta didik SDN Remo belum sadar akan kepedulian lingkungan. Beberapa sampah ditemukan di sekitar sekolah. Adanya tumpukan sampah di lingkungan sekolah menjadikan lingkungan sekolah terlihat kotor dan kumuh serta mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Guru mencoba mengatasi masalah ini dengan meningkatkan kesadaran lingkungan dengan mengajarkan peserta didik cara membuat kerajinan tangan dari daun-daun kering. Penelitian terhadap pemanfaatan daun kering di SDN Remo membentuk karakter peduli lingkungan pada peserta didik. Mengajarkan peserta didik untuk memanfaatkan daun-daun kering di sekitar sekolah. Menyertakan pendekatan STM memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman hidup, mengenal permasalahan, menemukan cara dan solusi penyelesaiannya. Selain itu, dapat memberikan wawasan tentang teknologi dan masyarakat.Downloads
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2, 23.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme Konstruktivisme, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12 (2): 155-164.
Fatmawati, T. D. (2018). Peningkatan Keterampilan Teknik Kolase Dengan Bahan Alam Pada Peserta didik Kelas Iv Sd. Ptk A4 2018 Pgsd Fkip Universitas, 2. http://Eprints.Umsida.Ac.Id/Id/Eprint/2975
Fazira Sintia, Faulay Indra Musnar, & Marleni Lusi. (2018). Pegaruh Kolase Terhadap Motorik Anak Usia Dini. On Early Chilhood, 1(1), 60–71.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148-155.
Gusdiyanto, H., Victoria, A., Ardiyanto, D., & Fachrozi, I. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori: Penetapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. Yogyakarta: Quadrant.
Juniarsih, W., Maftuhah, Y., & Syamsiyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Matekeringka Simetri Lipat Dan Simetri Putar Melalui Media Sparkol. Educatif Journal Of, 4(1), 8–17. http://Pub.Mykreatif.Com/Index.Php/Educatif/Article/View/87
Lohr, S. L., & Raghunathan, T. E. (2017). Combining Survey Data With Other Data Sources. Statistical Science, 32(2), 293–312. https://Doi.Org/10.1214/16-Sts584
Makrifa, S. (2014). Pemanfaatan Daun Kering Sebagai Media Berkarya Kolase Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Rupa Di Sd Sekaran 01 Gunung Pati Semarang. Eduarts: Journal Of Visual Arts, 3(1), 10–19.
Mardiani, W. (2017). "Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan di SDN 12 Pekan Baru. Jurnal Ilmu Guruan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 269–297. Retrieved from http://ejournal.uin suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/360 5
Maslichah Asyari. 2006. Penerapan Pendekatan Sain Tehnologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Jogyakarta: UniIVersitas Sanata Dharma.
Muslicha, A. (2015). "Metode Pengajaran dalam Guruan Lingkungan Hidup pada Peserta didik Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Guruan, 16(2), 110– 126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015
Muzakki, M., Santoso, B., & Alim, H. N. (2023). Potret Implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Islami di Sekolah Penggerak. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 167-178.
Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Novi Nur Lailisna. (2020). Strategy of Boarding School (Pesantren) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Kholifa: Journal of Islamic Education, (Volume 4 No.2), 142–160.
Purwanti, D. (2017). Guruan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V1i2.17622
Putra, Sitiatava Riezma. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Jogjakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Guruan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Suryana, D., & Vaneza, T. (2020). Pengaruh Kolase Kapas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- Kanak Bunda Tunas Harapan Kabupaten Pasaman. Jurnal Guruan Tambusai, 4, 576. https://www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/Download/501/470
Syofnidah Ifrianti, Konsep Dan Pengembangan Kurikulum (Yogyakarta: Pustaka Pranala, 2019). h. 2-5
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.