Pengaruh Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas III SD YPK Inamo Kabupaten Sorong

  • Rindiani Putri Irianti Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anis Alfian Fitriani Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Pakapindo; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media PAKAPINDO Terhadap Hasil Belajar Tematik kelas III SD YPK Inamo Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan Pre-Exprerimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media papan kantong pintar doraemon sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes performance, lembar observasi dan dokumentasi kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisis data terdiri dari tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach’s Alpha sebesar 0,803 yang berarti reliabiltas baik. Uji normalitas hasil belajar pretest peserta didik kelas III memiliki signifikan 0,234  0,05 edangkan posttest memiliki signifikansi 0,059  0,05  Uji hipotesis diperoleh Thitung  sebesar 25.480 dengan dk = n – 1 (14-1 = 13) diperoleh ttabel sebesar 1.771 hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 dimana 0,000  0,05 maka nilai sig lebih kecil dari 0,05 hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh penggunaan media papan kantong pintar doraemon terhadap hasil belajar tematik kelas III SD YPK Inamo Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada, 7-13.

Asrohah, Kadir. (2014). Pembelajaran Tematik. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarat: Referensi Jakarta.

Danim, Sudarwan. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Fais, dkk. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Peneitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3 (1),26-30. https://doi.org/10.23887/jpp.v3i1.17097

Haryono, Ari D. (2014). Metodologi Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Genius Mediadan Pustaka Inspiratif.

Kamaladini, Gani & Sari. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Seminar Nasional 1 (September), 93-100.

Kurniawan, Pusptaningtyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitaf. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT. Remaja Rosdakarya Offest.

Oktavia, A., Oktavia, M., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan Media PAKAPINDO Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Kelas III SD Negeri 3 Simpang Teritip. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1945-1949.

Putra, S. H. J. (2020). Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Power Point Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 1 Bola. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 12 (20), 192-202.

Ratnasari. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Kanrong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bilangan Secara Bersusun. Basic Education, 5(27), 2-571.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Layyinatus, S. (2015). Penggunaan Media Kantong Pintar Doraemon Bahasa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Pada Pealajran Bahasaa Indonesia. Peserta Didik Kelas V MI Darus Salam . Gresik. Skripsi Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sudjana. (2011). Media Pengajaran . Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Widyastuti. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Permainan Tangram Pada Mata Pembelajaran Matematika Bagi Kelas II SD.

BIBLIOGRAPHY Susilo, Y. (2017). Efektivitas Teknik Kancing Gemerincing Melalui Media Papan Kantong Pintar Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII Mts Negeri 1 Semarang. (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Yulianto, A., Sufiati, N., & Rokhima, N. (2022). Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 41-46.

Ramadhanti, N. W., Kusumaningrum, S., & Anakotta, R. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 89-94.

Zairida, D., Akhyar, O., & Wardhani, R. R. A. A. K. (2019). Pengembangan Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di MA Raudhatusysyubban. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(2).

Published
2024-01-30