Prokrastinasi Akademik Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas VI SD

  • Almuhaimin Sarnav Ituga Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Alman Alman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Prokrastinasi akademik; pembelajaran matematika; matematika siswa

Abstract

Prokrastinasi akademik menjadi isu penting dalam pembelajaran matematika di kalangan siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi fenomena prokrastinasi akademik yang terjadi pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI di sekolah dasar Negeri 44 Buton. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara guru dan siswa. Analisis data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik yakni mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik dalam pembelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ketidakpahaman konsep, rasa takut akan kegagalan, dan rendahnya motivasi intrinsik. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya pendekatan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individual siswa, merangsang motivasi intrinsik, dan menciptakan lingkungan yang mendukung dalam proses pembelajaran matematika. Prokrastinasi akademik dalam pembelajaran matematika di kalangan siswa kelas VI sekolah dasar dipengaruhi oleh faktor internal, seperti kelelahan dan kurangnya motivasi. Kurangnya manajemen waktu dapat menimbulkan perilaku prokrastinasi. Oleh sebab itu, penting bagi guru dan orang tua untuk membantu siswa untuk mengatasi prokrastinasi, termasuk membantu siswa memahami pentingnya manajemen waktu dan memotivasi diri dalam belajar matematika dan meningkatkan prestasi belajar di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alman, A., Herman, T., Prabawanto, S., & Kurino, Y. D. (2023). Literasi Statistik Dalam Pembelajaran Matematika SD Melalui Kurikulum 2013. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1454-1466.

Alman, A., Ituga, A. S. (2023). Numeracy Literacy In Elementary School Mathematics Learning. El Midad, 15(2).

Alman, A., & Nugrahaeni, N. (2022). Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 149-155.

Aynufa, C. N., Alman, A., & Astutik, H. S. (2020). Pengaruh Guided Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Inpres 103 HBM Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 49-55.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.

Fernando, F., & Rahman, I. K. (2016). Konsep Bimbingan Dan Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Membantu Menyembuhkan Perilaku Prokrastinasi Mahasiswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 215-236.

Harefa, D., Ndruru, M., & Ndraha, L. D. M. (2020). Teori model pembelajaran bahasa inggris dalam sains. Insan Cendekia Mandiri.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389-396.

Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). Prokrastinasi akademik siswa SMA negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.

Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral Terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.

Lase, I. P. S. (2020). Pengaruh tingkat pendapatan orang tua, tingkat pendidikan orang tua, lingkungan teman sebaya dan efikasi diri terhadap minat siswa untuk melanjutkan keperguruan tinggi smk kabupaten nias. Jurnal Education and development, 8(2), 261-261.

Liling, E. R., Firmanto, A. N., & Tanojo, K. L. (2013). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prokrastinasi pada mahasiswa tingkat akhir. Humanitas, 10(2), 59.

Purwanti, D. (2019). Pembelajaran matematika di sekolah dasar. Prosiding Sendika. 5,(1). 57-61.

Marlina, M. (2015). Pengembangan paket manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah atas/sederajat (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & SaldaƱa, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd.

Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975-983.

Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53-67.

Permana, B. (2019). Gambaran prokrastinasi akademik siswa SMA darul falah cililin. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 87-94.

Pratini, H., & Afifah, A. N. (2018). Pendekatan Solution Focused Brief Therapy (Sfbt) Dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Pada Mahasiswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(2), 74-81.

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya belajar dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self-regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.

Setiyowati, R. (2016). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Se-Kecamatan Kuwarasan. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 24(2).

Setyowani, N., & Sunawan, S. (2018). Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 31-38.

Sesilia, D., & Sutirna, S. (2021). Prokrastinasi Akademik Pembelajaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(1), 12-19.

Triyono, T., & Khairi, A. M. (2018). Prokrastinasi akademik siswa SMA (Dampak psikologis dan solusi pemecahannya dalam perspektif psikologi pendidikan islam). Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kependidikan, 19(2), 57-74.

Published
2024-01-30