Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

  • Retno Primantiko
  • Iswan Iswan
  • Desti Rahayu
Keywords: Profil Pelajar Pancasila; Kurikulum Merdeka; Karakter Pancasila

Abstract

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk implementasi konsep Kurikulum Merdeka yang diterapkan untuk mendukung mutu Pendidikan di Indonesia yang mana diharapkan dalam penanaman penguatan karakter dan pengembangan kompetensi, melatih kemampuan pemecahan masalah serta bertanggung jawab dan peduli terhadap isu sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran implementasi program profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa yang ada di kurikulum Merdeka serta melihat strategi guru dalam penerapannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I dan kelas IV yang terdiri dari 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang digunakan merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila yang diterapkan di SD Negeri 3 Kabupaten Sorong sudah berjalan dengan baik, hal ini sejalan dengan temuan peneliti yang mana strategi digunakan guru antara lain; pembelajaran berdiferensiai, pembelajaran dengan projek dan pembiasaan. Namun masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru saat belajar dikelas. Keberhasilan penerapam strategi ini menuntuk guru agar senantiasa kreatif dalam merancang pembelajaran. Selain itu faktor lingkungan keluarga dan sosial sangat mempengaruhi pembentukan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, P. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 76–87. https://naikpangkat.com/implementasi-profil-pelajar-pancasila-dalam- kurikulum-merdeka/

Angga, Asep Herry Hernawan, & Tita Mulyati. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1290–1299.

https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6107

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk diakses 15 Desember 2024

Kahfi, A. (n.d.). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. 138–151.

Kemendikbud Ri. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila(1Ed.).

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Korthagen, F. (2017). Inconvenient truths about teacher learning: towards professional development 3.0. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 23(4).

Lestari, D., & Sholikhin, M. A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Prambanan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan …, 30–36.

Pan, H. L. W., & Chen, W. Y. (2021). How principal leadership facilitates teacher learning through teacher leadership: Determining the critical path. Educational Management Administration and Leadership, 49(3).

Permendikbud Ristek No. 5 Tahun 2022 mengenai Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan

Teknologi Republik Indonesia Permendikbud Ristek No. 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang

Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia

Permendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022: mengenai Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Strom, K. J., & Viesca, K. M. (2021). Towards a complex framework of teacher learning-practice. Professional Development in Education, 47(2–3).

Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Tri Sulistiyaningrum, & Moh Fathurrahman. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–12

Published
2024-05-31