Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji kevalidan Pop-up Book Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (2) Mengkaji kepraktisan Pop-up Book Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (3) Mengkaji pengembangan Pop-up Book Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI di UPT SDN Negeri Begelenan 02 Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari lingkungan penelitian, yaitu UPT SDN Begelenan 02 Kabupaten Blitar, dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas VI, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kevalidan media Pop-up Book Materi Sistem Tata Surya berbasis PjBL dilakukan melalui tahapan analysis, design, development, implementasi, dan evaluasi. Tahapan tersebut melibatkan obsevasi, validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli kepraktisan serta uji coba di lapangan dengan siswa kelas VI UPT SDN Begelenan 02 (2) Hasil kepraktisan produk menunjukkan hasil yang telah diolah dalam rumus presentase menjadi 100%. Skor tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-up Book berbasis PjBL dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (3) Analisis data meningkatkan berpikir kritis menggunakan media pembelajaran Pop-up Book berbasis PjBL menunjukkan hasil skor 768 dari gain menunjukkan 70.3 dengan klasifikasi “Tinggi”.
Downloads
References
Alfi, C. sumarmi. Amirudin. Ach. (2016). Pelngaruh Pelmbellajaran Gelografi Belrbasis Masalah Delngan Blandeld Lelarning Telrhadap Kelmampuan Belrpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pelndidikan, 1(4), 597-602
Batubara, H. H. (2020). Meldia Pelmbellajaran ELfelktif Googlel Books. In Fatawa Publishing Felbruari.
EL, D. W., U, I. W. P., & K, D. I. (2018). Analisis Pelnggunaan Meldia Pelmbellajaran Telmatik Di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pelmbellajaran),4,17–25.
Fatih, Mohamad, (2018). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Saintifik Belrbasis Multieldia Mellalui Modell Discovelry Lelarning (Studi Pada Telma Sellamatkan Makhluk Hidup Kellas 6 SDN Kelpanjeln Kidul 2 Kota Blitar. Jurnal Pelndidikan, 2(2), 137-149
Fatimah, Siti., (2022). Pelngelmbangan Meldia Bellajar Pop Up Book Belrbasis Litelrasi Qur’an Pada Matelri Tata Surya Kellas VI Selkolah Dasar. Jurnal Pelndidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 5(2) 98-107
Hartini, A. (2017). Pelngelmbangan Pelrangkat Pelmbellajaran Modell Projelct Baseld Lelarning Untuk Melningkatkan Kelmampuan Belrpikir Kritis Siswa Selkolalh Dasar. Jurnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran Selkolah Dasar, 1(2), 8.
Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Projelct Baseld Lelarning telrhadap Kelmampuan Belrpikir Krelatif Siswa. PRISMATIKA: Jurnal Pelndidikan Dan Riselt Matelmatika,1(1),1–9. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291
Masturah, EL., Mahadelwi, L., & Simamora, A,(2018). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Pop-Up Book Pada Mata Pellajaran Ipa Kellas III Selkolah Dasar, 21 Felbruari 2023, 21
Nanang, K. U,. Afakhrul, M. B,. & Hardian,K,.(2019)Pelngelmbangan Pop Up Book Bahasa Indonelsia Belrbasis Budaya Slelmpitan. Jurnal Pelndidikan Dasar. Januari 2019
Sa’adah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pelmanfaatan multimeldia intelraktif pada matelri hidrokarbon untuk melnumbuhkan keltelrampilan belrpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pelndidikan IPA,6(2),184–194.
Sari, L., & Farida, T., (2020). Pelngelmbangan lelmbar kelrja pelselrta didik (LKPD) Delngan Melnggunakan Modell PjBL di Selkolah dasar . https://jbasic.org/indelx.php/basiceldu/indelx
Sholelh, M., (2019) . Pelngelmbangan Meldia Pop-Up Book Belrbasis Budaya Lokal Kelbelragaman Budaya Bangsaku Siswa Kellas IV Selkolah Dasar. Jurnal Gelntalal Pelndidikan Dasar. 4(1), 138-139 .
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pelngaruh Meldia Pop Up Book Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Pada Mata Pellajaran Matelmatika Matelri Bangun Datar Kellas IV SDN Wonoplintahan II Kelcamatan Prambon. Jurnal Pelnellitian Pelndidikan Guru Selkolah Dasar, 6(9), 1537–1547.
Sugiyono, 2017 “Meltodel Pelnellitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung, Pelnelrbit CV. Alfabelta.
Suparlan, S. (2020). Pelran Meldia dalam Pelmbelajaran di SD/MI. Islamika, 2 (2) , 298–311.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.