Peningkatan Ekoliterasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model PjBL pada Materi Pelestarian Lingkungan

Keywords: Ekoliterasi, Hasil Belajar, PJBL

Abstract

Rendahnya kesadaran dan pengetahuan ekoliterasi lingkungan peserta didik memerlukan solusi yang tepat dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Kesadaran lingkungan dapat mempengaruhi tingkat hasil belajar peserta didik. Kesadaran lingkungan dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ekoliterasi dan hasil belajar peserta didik melalui model PJBL pada materi konservasi lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggar, penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data penelitian diambil dari pemberian lembar kuesioner pengetahuan ekoliterasi dan tes hasil belajar pada materi pelestarian lingkungan. Subjek penelitian adalah 15 peserta didik kelas V SDN Candipari 1 Porong Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata pengetahuan ekoliterasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil pengetahuan ekoliterasi peserta didik dari kegiatan pra siklus sebesar 52,33%, siklus I sebesar 67%, dan siklus II meningkat sebesar 82%. Sedangkan rata-rata persentase hasil belajar peserta didik dari kegiatan pra siklus sebesar 52%, siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 83%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran Model PJBL meningkatkan ekoliterasi dan hasil belajar peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2015). Urgensi penilaian hasil belajar berbasis kelas mata pelajaran ips di madrasah tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657

Agusta kuniati, lusila parida, H. (2022). Literasi lingkungan sebagai upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SD Negeri 01 kenukut kecamatan kelam permai kabupaten sintang. Jppm:Jurnal Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.31932/jppm.v1i1.1859

Ardoin, N. M., Bowers, A. W., & Gaillard, E. (2020). Environmental education outcomes for conservation: A systematic review. Biological Conservation, 241(April 2019), 108224. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2019.108224

Aziz, A., Erlianda, M., Agustina, P. A., Mubarok, I., & Aryanto, S. (2022). Pemanfaatan Ecobrick Menjadi Pojok Ekoliterasi Sebagai Upaya Menanggulangi Darurat Sampah Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 63–74. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.771

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

Barat, M. I. N. A., Surya, A., & Destari, U. (2023). Peningkatan Literasi Lingkung- Metode Board. Wikrama Parahita:Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol 7 nomo, 61–68. https://doi.org/https://doi.org/1030656/jpmwp.v7i1.5466

De la Torre-Neches, B., Rubia-Avi, M., Aparicio-Herguedas, J. L., & Rodríguez-Medina, J. (2020). Project-based learning: an analysis of cooperation and evaluation as the axes of its dynamic. Humanities and Social Sciences Communications, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.1057/s41599-020-00663-z

Desfandi, M., Maryani, E., & Disman. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography, 49(1), 51–56. https://doi.org/10.22146/ijg.11230

Jannah, fathul. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Prosiding Seminar Nasional Ps2dm Unlam, 1(1).

Keraf, S. A. (2014). Filsafat lingkungan hidup: Alam sebagai sebuah sistem kehidupan (Edisi Elek). PT KANISIUS.

Kospa, H. S. D., Hanani, A. D., Mutaqin, Z., & Imron, I. (2020). Penyuluhan Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai Upaya Peningkatan Ekoliterasi Sekolah Berbasis Creative Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.56

Krisnawati, C., Saleh, K., & Nurbaiti. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa dengan sub tema usaha pelestarian lingkungan menggunakan model picture and picture bagi siswa kelas v sd negeri 153071 sibabangun 1. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i1.263

Kurniawan, R., & Sulistyono, R. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa melalui project based learning subtema peristiwa kemerdekaan dan pelestarian lingkungan pada siswa kelas v sd negeri jombang. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 121–130.

Malik, M., Basri, M., & Tarman, T. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SD Gugus 1 Wilayah 1 Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1718–1730. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2430

Manca, S., Raffaghelli, J. E., & Sangrà, A. (2023). A learning ecology-based approach for enhancing Digital Holocaust Memory in European cultural heritage education. Heliyon, 9(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e19286

Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7), 4147–4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036

Maulana, M. A., Kanzunnudin, M., & Masfuah, S. (2021). Analisis Ekoliterasi Siswa pada Sekolah Adiwiyata Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2601–2610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1263

Moreno, C. H. P., Acero, I. D. M., & Rodriguez, N. H. P. (2011). Education for environment care: Contribution through human ecology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3912–3915. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.393

Muhammad Rafik, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, & Siti Nurdianti Muhajir. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/10.21009/jpi.051.10

Nugraha, R. G. (2016). Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sd Melalui Metode Field-Trip Kegiatan Ekonomi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1322

Putri, S. S., Japar, M., & Bagaskorowati, R. (2019). Increasing ecoliteracy and student creativity in waste utilization. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 255–264. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18901

Rachmawati, A., & Minsih. (2021). Belajar Bersama Alam Sebagai Bentuk Penerapan Ekoliterasi Pada Sekolah Alam. Cendekiawan, 3(2), 79–91. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.216

Rahmasari, A. F., & Madiun, U. P. (2023). Implementasi Ekoliterasi di SDN Sukowinangun 02 Magetan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4.

Ramadhan, A. F., & Surjanti, J. (2022). Pengaruh ekoliterasi dan pendekatan esd terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Jurnal Education and Development, 10 (3), 129–134. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3840

Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 327–331. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2237

Salimi, M., Dardiri, A., & Sujarwo, S. (2021). The profile of students’ eco-literacy at nature primary school. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1450–1470. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i4.5999

Salimi, M., Susiani, T. S., Hidayah, R., Karsono, K., & Fauziah, M. (2023). The profile ecoliteracy of students at adiwiyata school. SAR Journal - Science and Research, 6(3), 188–195. https://doi.org/10.18421/sar63-07

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. Jurnal Motoric (Media of Teaching Oriented and Children), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Setyawan, R. I., Purwanto, A., & Sari, N. K. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372

Sudrajat, A. E. H. (2020). Model-Model Pembelajaran. In Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan.

Surjanti, J., Soejoto, A., Seno, D. N., & Waspodo. (2020). Mangrove forest ecotourism: Participatory ecological learning and sustainability of students’ behavior through self-efficacy and self-concept. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100009. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100009

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas iii sd negeri sidorejo lor 01 salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Team, S. (2020). HOTS-Oriented Module: Project-Based Learning (First Edition). SEAMEO QITEP in Language.

Wahyu, rahma. (2016). Implementasi model project based learning (PJBL) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Widiastutik, D., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Penerapan model PJBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn tlogosari kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4090–4096. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5897

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2014). Action research: teori, model, dan aplikasi (pertama). Penerbit Salemba Teknika.

Yeni, S. (2020). Ekowisata Sebagai Sumber Belajar Biologi dan Strategi untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Bio Educatio, 3(2), 59–72.

Yosma Oktapyanto, R. R. (2018). Ecoliteracy: literasi dasar yang terlupakan? Bitread Publishing PT. Lontar Digital Asia.

Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan keterampilan Abad ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, October, 1–19. https://www.researchgate.net/publication/336511419_Memberdayakan_Keterampilan_Abad_Ke-21_melalui_Pembelajaran_Berbasis_Proyek

Published
2024-05-31