Minat dan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit siswa. Kesulitan yang dialami siswa pada materi garis bilangan, pecahan campuran, dan pembagian porogapit. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan minat dan motivasi belajar matematika pada siswa. Subjek penelitian ini yaitu pada siswa kelas VI SD Negeri 4 Bringin dengan jumlah 4 siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki minat belajar matematika yaitu; a) siswa bertanya kepada guru ketika belum memahami materi; b) siswa selalu hadir mengikuti proses pembelajaran matematika di kelas; c) siswa tertarik pada pembelajaran matematika; d) siswa mampu menjawab pertanyaan tentang matematika yang diberikan guru. Siswa yang memiliki motivasi belajar ditunjukkan dengan sikap siswa yaitu; a) siswa sering mengerjakan tugas matematika yang diberikan guru; b) siswa mau belajar matematika di rumah; c) siswa yang tetap belajar matematika di sekolah meskipun dalam pelaksanaan pembelajaran tidak pernah menggunakan media pembelajaran, serta siswa yang tetap belajar matematika di rumah meskipun tanpa didampingi orang tua. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar matematika setiap siswa kelas VI SD Negeri 4 Bringin berbeda.
Downloads
References
Alzizah, E. H., Wulandari, D. S., Rahim, R., Syah, J. W., & Duriska. (2022). Pengelolaan Ketidakhadiran Siswa Berbasis Aplikasi Di SMK 1 Muhammadiyah Sangatta. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 04(02), 190–200.
Anggraeni, P. D., Purbasari, I., & Pratiwi, I. A. (2023). Analisis Peran Pola Asuh Orang Tua Pekerja Pabrik terhadap Motivasi Belajar Anak. Journal on Education, 06(01), 7942–7950.
Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, T. K. (2016). Komunikasi Verbal Pada Anggota Keluarga Yang Memiliki Anak Indigo. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 42–56.
Dinar, R. A., Ismaya, E. A., & Riswari, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Era New Normal di Desa Undaan Lor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3686–3691.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
Faradine, M. R., Rondli, W. S., & Riswari, L. A. (2023). Ilmu Kependidikan Analisis Peran Guru Dalam Motivasi Siswa Kelas V SDN Sarirejo 03. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah, 7(2), 242–248.
Fatkul Jannah, Wirawan Fadly, & Aristiawan, A. (2021). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Tema Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 1–16.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra, 181–188.
Fendrik, M., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik, G. S., & Ramdhani, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 793–809.
Fitria, N. Z., Masturi, M., & Pratiwi, I. A. (2022). Peranan Orang Tua Untuk Memotivasi Belajar Anak Di Desa Keling Ngasem. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(2), 401.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Grønhøj, A., & Thøgersen, J. (2017). Why young people do things for the environment: The role of parenting for adolescents’ motivation to engage in pro-environmental behaviour. Journal of Environmental Psychology, 54, 11–19.
Hakim, A., & Amir, S. (2018). Pengaruh Perasaan, Ketertarikan Dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Pada
Sma Paba Binjai. Visipena Journal, 9(2), 406–426.
Handoko, T. H. (1992). Manajemen Personal Dan Sumber Daya Manusia (Edisi ke 2). Yogyakarta: Yogyakarta BPFE.
Hidayati, M. (2010). Meningkatkan Keterlibatan Berproses dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Teknik Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 2(2), 193–213.
Indriani, I., & Yunus, A. K. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 125–133.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lutviana, L., Pratiwi, I. A., & Purbasari, I. (2021). Penggunaan Gawai pada Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Anak di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3181–3188.
Mayzhurra, B. W. N., & Hariyono, E. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Gelombang Dimasa Pandemi Covid-19. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(2), 28–38.
Melliani, & Rahmat, T. (2022). Pengaruh Kehadiran Siswa Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas VIII MTsN 11 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8975–8979.
Minggi, N., Pratiwi, I. A., & Bakhruddin, A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Pelemkerep Pada Mata Pelajaran PPKn. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(04), 316–326.
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14.
Muktiadi, R., Wibowo, S. A., & Windaru. (2013). Fuzzy Quantification System untuk Menganalisis Pengaruh Minat , Motivasi Belajar dan Tingkat Kehadiran Siswa terhadap Prestasi Belajar di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto ( Fuzzy Quantification System for Analyzing Influence of Interest , Learning Motivation. Juita, II(04), 249–258.
Nisa, Y. K., Riswari, L. A., & Setiadi, G. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1685–1693.
Nuraeni, W., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Bernalar Kritis melalui Motivasi Belajar Matematika dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Edumath, 9(2), 117–124.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.
Putri, Y. S., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peran Pola Asuh Dalam Pembentukan Minat Belajar Anak Di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704.
Ro’ifah, R., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kedungsari. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 473–484.
Rudiyanto, A. (2019). Rasa ingin tahu pada penilaian sikap. Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0, September, 235–242.
Saputro, W. A., Setiawan, D., & Riswari, L. A. (2022). Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5128–5135.
Sedjiwo, N. A. F. (2023). Media Pembelajaran Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Widya Balina, 8(1), 636–643.
Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Blajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), 26–37.
Usman. (1999). Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Valentina, A., & Wulandari, D. (2022). Media Mabeta (Magnet Berhitung Matematika) Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3).
Wardani, S. A., & Janattaka, N. (2022). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Tema 8 Kelas Iii Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(4), 365–374.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.