Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Gotong Royong

  • Atiya Farhah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Damanhuri Damanhuri
Keywords: Profil Pelajar Pancasila; Pendidikan Pancasila; Modul Elektronik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan, tingkat validitas, dan respon peserta didik terhadap E-Modul Pendidikan Pancasila bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Gotong Royong dengan bahasan karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah untuk kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Analisis deskriptif skala Guttman untuk menganalisis data. Kriteria Sugiyono untuk angket ahli dan Riduwan untuk angket peserta didik kemudian digunakan untuk interpretasi. Subjek pada penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas 1 SDN Tegal Cabe tahun ajaran 2024/2025. Hasil dari penelitian ini adalah produk pengembangan berupa E-Modul Pendidikan Pancasila kelas 1 sekolah dasar. Berdasarkan hasil validasi produk, dari ahli materi memperoleh skor sebesar 87,1 % dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media memperoleh skor sebesar 90,7% dengan kriteria sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor sebesar 91,4% dengan kriteria sangat layak. Maka, keseluruhan persentase produk memperoleh skor rata-rata sebesar 89,7% dengan kriteria sangat layak, serta respons peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu, E-Modul Pendidikan Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 1 sekolah dasar sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik di kelas 1 SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Kalor. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2): 193-202.

Amir, I., Nursalam & Mustafa. (2021). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasilan dalam Pembelajaran Bahassa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3: 204-215

Cecep, K & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan praktis Penyusun E-Modul Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasbiyati, H & Laila, K. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1). 16-21.

Hidayat, N. 2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Pusat Study Gender & Anak, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Jurnal Hawa. 2(1): 11-22.

Kahfi, A. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.

Nugraha, S. T. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum. 19(2): 250-261

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 1(3): 177-187

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional. 27(2): 230-249

Sufyadi, S. (2021). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4): 7317–7326.

Wijayanto, W & Zuhri, M. S (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Leraning Untuk Mengembangkan Pemecahan Masalah Matematika. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Published
2024-05-31