Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD

  • Nur Andini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Kontekstual; Media Pop-Up Book; Pemahaman Konsep Matematis.

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil analisis di SDN Singopadu yakni  untuk melakukan penelitian mengenai Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD, dengan tujuan untuk mengetahui penerapan media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa Kelas IV SDN Singopadu Tulangan Jenis penelitian artikel ini adalah penelitian pengembangan RnD (research and development). RnD yaitu penelitian untuk menghasilkan suatu produk kemudian diuji kegunaannya pada peserta didik, model yang digunakan adalah model ADDIE. Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis pendekatan Kontektual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SD dikatakan telah memenuhi kriteria valid dengan presentase validitas 98,3%, praktis dengan presentase 93,9%, efektif dengan presentase keefektifan 88%, dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa kelas IV 0,73 dimana dalam interpretasi N-Gain 0,7 “Tinggi” dan keefektifan hasil belajar berdasarkan presentase N-Gain sebesar 73,27% masuk dalam interpretasi keefektifan hasil belajar 56%-75% dinyatakan “Cukup Efektif”. Sehingga media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran siswa di kelas, serta mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvariani, Nur Putri, dan Sukmawarti. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar.” Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA 6(2): 43–51.

Ananda, Ema Rizky, dan Rora Rizki Wandini. 2022. “Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3): 4173–81.

Antari. L. , Muslimin, Rukmala. 2022. “Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Konten Nilai Islam Materi Himpunan.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(1): 213–23.

Arifin, Alif Maulana. 2020. “Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa.” JRPM: jurnal riset pendidikan Matematika 7(1): 59–73.

Asfar, A.M.Irfan Taufan, Asmawaty Asmawaty, dan Aisyah Nursyam. 2019. “Mathematical Concept Understanding: the Impact of Integrated Learning Model.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 10(2): 211–22.

Hake, R. R. (1999). Menganalisis skor perubahan/perolehan.Tidak diterbitkan.[Online] URL: Http://Www. Physics. Indiana. Edu/~ Sdi/AnalyzingChange-Gain. Pdf, 16(7), 1073-1080. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22025883%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=title:ANALYZING+CHANGE/GAIN+SCORES#0%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Analyzi ng+change/gain+scores#0.

Asih, D.R, Sabatari, W. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Tajinan.” Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo 2(01): 389–94.

Asmara, Dwi Virgo Mulia, Dedi Kuswandi, dan Abdur Rahman As’ari. 2020. “Pengembangan Media Kobaki pada Materi Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5(12): 1839.

Destiara, Meyninda. “Analisis Kepraktisan Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Islam-Sains Berbantuan Media Augmented Reality.” Proceeding Antasari International Conference.

Widayanto, Diklat, Balai, dan Keagamaan Surabaya. 2020. “Belajar Peserta Diklat Pkp Angkatan VI.” 4(1).

Eri Karisma, I Komang, I Gede Margunayasa, dan Pinkan Amita Tri Prasasti. 2020. “Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2): 121.

Hidayat, Indriyani Fitri, Indhira Asih, Vivi Yandhari, dan Trian Pamungkas. 2020. “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V.” 4(1): 106–13.

Maharani, Hevy Risqi, Nila Ubaidah, dan Mohamad Aminudin. 2018. “Efektifitas Model Concept Attainment Ber-Budaya Akademik Islami Berbantuan Pop-Up Book pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” KREANO ( Jurnal Matematika Ktreatif-inovatif) 9(1): 100–106.

Nurrita, Teni. 2018. “Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” misykat 03: 171–87.

Oktaviana, Dwi, Iwit Prihatin, dan Fahrizar Fahrizar. 2020. “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(1): 1.

Prastitasari, Herti, Abd Qohar, dan Cholis Sa’dijah. 2018. “Pengembangan bahan ajar Berdasarkan pendekatan kontekstual pada ateri bangun datar untuk siswa kelas IV.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3(2): 1599–1605. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Putro, Pernando Cahyo, dan Danang Setyadi. 2022. “Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1): 131–42.

Roosyanti, Anna. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif.” 4(1): 60–73.

Setyaningsih, Nining, dan Mila Novita Kustiana. 2023. “Analysis of Students ’ Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 12(2): 351–62.

Suryadinata, Nurain, dan Nego Linuhung. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis.” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan pendidikan Matematika: 19–24.

Syalsyabila, Nur, Hetilaniar, dan Arief Kuswidyanarko. 2022. “Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 11 Gelumbang.” Journal Pendidikan dan Konseling 4: 1707–15.

Ulfah, Tri Azizah, Eva Ari Wahyuni, dan Mohammad Edy Nurtamam. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Satuan Panjang.” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika 3(3): 955–61.

Widya, Peni Nur, Lilik Ariyanto, dan Yanuar Hery Murtianto. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII.” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 2(2): 95–101.

Yuwono, Timbul, Arik Dwi Indah Ningrum, dan Djoko Adi Susilo. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Discovery Learning Membuktikan Luas Dan Keliling Lingkaran.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(2): 479.

Published
2024-05-31