Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VI SD

  • Alvionita Dwi Yolandika ISBI SINGKAWANG
  • Sumarli Sumarli Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISBI Singkawang
  • Slamat Fitriyadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISBI Singkawang
Keywords: penggunaan media sosial; kecerdasan sosial; siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD. (2) mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa kelas VI SD. (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD.Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 61 siswa terdiri dari kelas VIA 20 siswa, VIB 21 siswa, dan VIC 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan instrumen angket. Angket terdiri dari angket penggunaan media sosial 38 soal dan angket kecerdasan sosial 34 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase deskripsi dan uji regresi sederhana dengan menggunakan SPSS. Bahwa pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD ditemukan hasil (1) Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas VI SD memiliki nilai rata-rata 53,36 dengan kreteria sedang.  (2) Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VI SD memiliki nilai rata-rata 64,11 dengan kreteria tinggi. (3) Tidak ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VI SD dengan nilai signifikansi 0,844 > 0,05. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan siswa kelas VI SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti N., (2017), Profil Kecerdasan Sosial Siswa Sma Di Kota Bandung Sebagai Studi Awal Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Konseling, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, vol. 5, no 1, Hal:1-20.

Ardiansyah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Intagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Gratindo Persada

Chris Brogan. (2010). Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online. Canada: Wiley.

Ganaie, M. Y., & Mudasir, H. (2015). A Study Of Social Intelligence & Academic Achievement Of Collage Students Of District Srinager, J&K, India. Journal Of Amarican Secinece, voll.11. No.3.

Goleman, D. (2006). Social Intelligence. New York: Bantam Book.

Hanfi, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fisip universitas Riau. Jom Fisip.

Herwan, M. D. K., & Herdia, T. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 307-312.

Kurnia Fatma Saputri, (2015). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Jejaring sosial terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Skripsi tidak diterbiatkan. Yogyakarta: Program Studi PGSD UNY.

Nofatin, Sulistyarini, & Buwono, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Mursidi, A., Murdani, E., Sumarli, Buyung, & Rosmaiyadi. (2018, August). Role of WhatsApp application in building the interests of students literacy. In Proceedings of the 2nd International Conference on E-Society, E-Education and E-Technology (pp. 1-4).

Ratnamulyani, A,l., dan Maksudi, I,B., (2018). Peran media sosial dalam peningkatan partisipasi pemilih pemuda dikalangan pelajar di Kabupaten Bogssor, Jurnal ilmu-ilmu sosial dan humaniora, 20(2): 154-161.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).

Stevanny, W. A., & Fikry. Z. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Prilaku Agresif pada Siswa SMA Pembangunan Bukittinggi: Socio humanis; 2(2, 94-105.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sunar, Dwi, 2010, Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, dan SQ, Cetakan Pertama, penerbit Flash Books, Jogjakarta.

Sunarti, J., Istirahayu, I., & Fitriyadi, S. (2017). Emotional Analysis of Children in Class I Primary School. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 2(1), 1-3.

Surjaweni, V. S. (2020). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress

Tami, A. W., Fitriyadi, S., & Anitra, R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET TERHADAP MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(2), 341-345.

Triastuti, Endah. Dkk. 2017. Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja. Jakarta. Puskakom FISIP UI.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 283-290.

Yulk, G. (2010). Leadership in organizations. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Published
2024-05-31