Analisis Karakter Gotong Royong Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar

Keywords: Karakter; Gotong Royong; P5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter gotong royong siswa melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan 6 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Randegan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan P5 terdapat siswa yang kurang memperhatikan dan tidak membantu ketika mengerjakan tugas kelompok. Banyak juga siswa yang bersemangat ketika pembelajaran karena melalui P5 mereka belajar hal baru yang sebelumnya belum pernah di dapatkan. Siswa yang melaksanakan P5 dengan baik akan membantu teman yang lainnya untuk tetap mengerjakan tugas kelompok bersama-sama sehingga siswa dapat mengetahui perannya dalam kelompok. Dalam P5 terdapat beberapa tahap yang harus dilaksanakan yaitu tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. Pada tiap tahap dalam P5, siswa diajarkan pentingnya gotong royong antar sesama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya P5 dapat menjadi solusi untuk menguatkan karakter gotong royong siswa, karena dalam pelaksanaan P5 membutuhkan banyak kerja sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, K. A. T. S., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2023). Cag-Cag Folk Games as Media to Strengthening Mutual Cooperation Character of Elementary School Students. Indonesian Values and Character Education Journal, 6(1), 52–62. https://doi.org/10.23887/ivcej.v6i1.54577

Fauziah, A. N., Mulyati, S., & Suswandari, M. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri Joho 01 Sukoharjo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 118–127. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4681

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi penelitian kualitatif (Y. Novita (ed.)). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Hakim, A. Y., Wakhyudin, H., & Wardhana, M. Y. S. (2019). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan pada Dimensi Gotong Royong Kelas IV SDN 2 Ngargosari. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 1771–1780.

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman karakter gotong royong dan tanggung jawab melalui metode pembiasaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jamaludin, Alanur S, S. N., Amus, S., & Hasdin. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2021). Buku saku tanya jawab kurikulum merdeka. Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Jakarta.

Khairiyah, U., Gusmaniarti, Asmara, B., Suryanti, Wiryanto, & Sulistiyono. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal), 7(2), 172–178.

Kharisma, M. E., Faridi, & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. 8, 1152–1161.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Muliana, I. K. E., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2022). The role of p5 activities in forming the character of students. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(4), 1265–1274. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i4.109

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). CV. Harva Creative.

Okpatrioka, Sari, B. G. M., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada Jenjang Sekolah Dasar. 1(3).

Oktavianto, A. W., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8623–8636.

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, & Hasanudin. (2022). Wayang sukuraga: Media pengembangan karakter menuju profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter gotong royong dalam paket pembelajaran sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–180. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Suminar, R. K., Narimo, S., Minsih, Prastiwi, Y., & Etika, L. (2023). Reconstruction of child-friendly school through pancasila student profiles dimensions of mutual cooperation. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 104–113.

Syaharani, D. M., & Fathoni, A. (2023). The implementation of p5 local wisdom themes in the independent curriculum in elementary schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 1–7.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 12–28.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Published
2024-05-31