Pengaruh Media Buku Interaktif Digital terhadap Hasil Belajar Materi Keberagaman Budaya Indonesia Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran buku interaktif digital terhadap hasil belajar materi keberagaman budaya Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1. Jenis penelitian ini menggunakan metode Eksperimen jenis Pre – Eksperiemntal yang menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1 dengan menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi berupa wawancara, kuisioner, dokumentasi dan tes. Data Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata rata pre test sebesar 59,58 dan nilai rata rata post test sebesar 81,25. Sedangkan hasil uji hipotesis pada data hasil belajar menunjukkan bahwa hasil uji paired sample T-Test memiliki t - hitung sebesar 9.649 dengan dk = n-1 (24-1 = 23) t – tabel sebesar 1,713 serta signifikansi (2-tailed) 0,000. Menurut panduan dasar pengambilan keputusan bahwa apabila nilai signifikansi < 0,05, sehingga dinyatakan media pembelajaran buku interaktif digital berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas 5.
Downloads
References
Ariani, R. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107439
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2(1), 469–473. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327
Dewi, S. M. (2021). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP. Jurnal Buana Ilmu, 6(1), 49–61. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/bi.v6i1.1986
Dr. dr. Linda Rosalina, S.Ked., M. B., Rahmi Oktarina, S.Pd., M. P. T., & Dra. Rahmiati, M.Pd., P. . (2023). BUKU AJAR STATISTIKA (M. S. Eliza, S.E. (ed.)). CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Elvira, P., Rani, P., Mansur, H., & Mangkurat, U. L. (2022). 3PENGEMBANGAN eE-BOOK HYPERCONTENT BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP. 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8874
Hapsari, I. I., & Fatimah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Muhammadiyah Cirebon. 187–194. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2236/1332
Herlina, N. K., & Manuaba, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kontekstual Materi Keragaman Budaya Pada Muatan IPS Kelas IV SD Negeri 3 Ketewel Gianyar. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4412
Hindasah, T., & Murdiono, M. (2023). Peningkatan prestasi belajar PPKn melalui pemanfaatan media rukape berbasis youtube. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(4), 309–319. https://doi.org/10.29210/020232585
Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1870
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fadillah, A. R., Ayuni, F., Nur’Ani, F. D., Apriliya, M., & Realistiya, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(3), 557. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.41630
Made Sri Dewi, A., & Nyoman Ayu Lestari, P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 433–441. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035
Masitoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. 4(1), 21–27. https://belaindika.nusaputra.ac.id/index
Mazidah, N. R., & Sartika, S. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3192
Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Miskin, S., & Eksan, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 3 Materi Struktur Tumbuhan Melalui Penerapan Media Konkret Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 122 Halmahera Selatan. Jurnal PENDAS: Pendidikan Dasar, 05(1), 21–32. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/566
Murtini, J., Utami, W. S., & Budiyanto, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Sway pada Materi Peta untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ilmu Sosial 1 SMA NEGERI 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Education and Development, 9(1), 314–318. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2381
Musrifah. (2017). Pengembangan E-Book Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Jember Lor 03. Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 69–70. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/108515
Nurmawati, Kadarwati, S., Hariyono, M., & Dartani, M. Y. R. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Multimedia. Indonesian Journal Of Community Service, 2(1), 75–82. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/163/116
Pratama, I. P. A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 317–329. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.47377
Prianti, N. P. D., & Rezania, V. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran IPS Berbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Jenggot Krembung Sidoarjo. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.1-12
Rohman, B., Sholichah, A. S., Alam, M., Fauziah, E., & Alwi, W. (2023). Eksistensi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital Wilayah Wilayah DKI Jakarta dan Banten. EDUKASI ISLAM ; JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 12 no 001, 1181–1204.
Rosiyanti, H. (2018). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MATERI TRANSFORMASI LINIER. I, 63–74. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1635
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180
Salsabila, S. S., Rohmadani, A. I., Mahmudah, S. R., Fauziyah, N., & Sholihatien, R. A. N. (2022). Tantangan Pendidikan Multikultural di Indonesia di Zaman Serba Digital. Anwarul, 2(1), 99–110. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i1.309
Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Sofia, L., Cahyaningrum, Y., & Muna, Z. F. (2023). Tren Inovasi Terbaru dalam Pendidikan dan Pembelajaran : Bagaimana Mengubah Cara Kita Belajar. Seminar Nasional Pendidikan, 1 NO 01, 227–239. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/article/view/2189
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.