Analisis Indikator Nilai Karakter Pancasila dalam Buku Pendidikan Pancasila Kelas IV pada Kurikulum Merdeka

  • Nindi Eka Agista Universitas Muhammadiah Sidoarjo
  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Keywords: 18 nilai karakter; kurikulum merdeka; buku siswa buku pembelajaran pendidikan pancasila kelas iv kurikulum merdeka.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter dalam perilaku atau kebiasaan sehari-hari dengan baik bagi peserta didik agar peserta didik mempunyai sikap yang baik dalam perkataan maupun tindakan agar menjadi warga negara yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah 18 nilai karakter diantaranya Nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleran, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai kreativitas, nilai kemandirian, nilai demokratis, nilai rasa keingintahuan, nilai semangat kebangsaan, nilai kecintaan terhadap tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif/bersahabat, nilai cinta perdamaian, nilai senang membaca, dan nilai kepedulian terhadap terhadap lingkungan, nilai kepedulian terhadap sesama, nilai bertanggung jawab. Dan subjek dalam penelitian ini adalah buku siswa Buku Pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh CV. Wahana Karya Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dokumen analisis (documentary analysis) atau Penelitian Kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik diharapkan mampu berpikir secara faktual, semakin inovatif, menjadi pribadi cerdas, berakhlak mulia, mandiri, kreatif, dan peduli terhadap sesama sesuai dengan profil pelajar pancasila. Peserta didik juga dapat meningkatkan perkembangannya sesuai dengan pembelajarannya sehingga dalam 18 nilai karakter tersebut merupakan hal penting bagi peserta didik dalam membangun nilai karakter dalam memperoleh tantangan baru dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Inu. (2021). IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DAN DI MASYARAKAT. Jurnal Kewarganegaraan, 5.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Asrial, S. (2022). Content analysis of character value indicators in class v textbooks integrated thematic curriculum 2013 theme 7 subtheme 1. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 69. https://doi.org/10.25273/pe.v12i1.12481

Chumi Zahroul Fitriyah, R. P. W. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Fatimah, S., & Dinie, A. D. (2021). Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Jati Diri Anak Bangsa. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(3), 70.

Irawati, D. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

khoerul ummah. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. International Conference on IIslamic Education, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Melani Khalimatu Sa’diyah, D. A. D. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940–9945.

Mirzaqon, A. (n.d.). STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING EXPRESSIVE WRITING LIBRARY RESEARCH OF THE BASIC THEORY AND PRACTICE OF EXPRESSIVE WRITING COUNSELING.

Mutia, F. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(04), 80–88. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/251%0Ahttp://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/download/251/252

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar ). Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.

Pertiwi, A. D. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1565

Putry, R. (2018). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH PERSPEKTIF KEMENDIKNAS. Internasional Journal of Child and Gender Studies, vol.4. https://sugiartoagribisnis.wordpress.com/2010/07/14/seks-bebas-di-kalangan-remaja-pelajar-dan-mahasiswa-

Rachmawati, N., & Marini. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Sahnan, A., & Wibowo. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783

Sari, M. (n.d.). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

Syahrial, S., Asrial, A., Sabil, H., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Fadillah, P. (2022). Content analysis of character value indicators in class v textbooks integrated thematic curriculum 2013 theme 7 subtheme 1. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 69. https://doi.org/10.25273/pe.v12i1.12481

Syakhirul Alim, W., Baidawi, A., & Zumru Diana, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER. https://www.researchgate.net/publication/349279262

Triani, R. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas II SDN 190 Pekanbaru. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.431

Published
2024-05-31