Penguatan Karakter Berkebhinekaan Global melalui Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila melalui karakter berkebhinekaan global pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan di sekolah dasar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V, dan guru ekstrakurikuler di SDN Glagaharum. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler karawitan dalam melakukan penguatan karakter berkebhinekaan global pada siswa melalui tiga kegiatan, yaitu mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman berkebhinekaan. Terdapat faktor pendukung pada ekstrakurikuler karawitan yaitu lingkungan sekolah, peserta didik, dan lingkungan masyarakat sedangkan faktor penghambatnya adalah ukuran alat yang dimainkan terlalu besar untuk peserta didik di tingkat kelas rendah. Dengan adanya penguatan karakter berkebhinekaan global melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan memberikan dampak pada siswa dalam menerapkan toleransi melalui perilaku siswa yang saling menghargai atas keberagaman dan bertoleransi terhadap perbedaan suku, serta ras di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Adelia Nurindah, Suweni Titik, H. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Cahyo, S. D., Husni Wahyudin, & Riris Setyo Sundari. (2022). Analisis Fungsi Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 640–650.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Retrieved from http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
ENDANG KOMARA. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter danPembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. Retrieved from www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati, Z. Q. (2021). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45
KemendikbudristekNo.09. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi empa). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur Wijayanti, D. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio, 18(1), 172–184. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Upaya Karakter Religus. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316.
Permendikbud, 2014. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud No 63 Tahun 2014, 53(9), 1689–1699. Retrieved from www.journal.uta45jakarta.ac.id
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579.
Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” (November), 46–47.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.